Penyebab Radang Uretra

Penyebab Radang Uretra

Radang uretraatau Urethritis adalah peradangan pada uretra atau saluran kencing. Gejala utama adalah disuria (sulit kencing), dan buang air kecil yang menyakitkan atau sulit.

Penyakit Urethritis/ Radang Uretra ini bisa disebabkan oleh oleh bakteri dan virus, diantaranya yaitu bakteri E coli, selain itu juga beberapa penyakit menular seksual seperti chlamydia, gonore bisa menjadi penyebab timbulnya urethritis ini. Sedangkan yang di sebabkan oleh virus yaitu herpes simplex dan cytomegalovirus.
berdasarkan sifatnya penyakit uretritis ini terbagi menjadi dua macam, yaitu :

  1. Radang Uretra/uretritis akut, terjadi karena naiknya infeksi atau sebaliknya oleh karena prostat mengalami infeksi
  2. Radang Uretra/uretritis kronik, infeksi ini disebabkan oleh pengobatan yang tidak sempurna pada masa akut, prostatitis kronik, atau uretra.

Penyebab radang uretra, Pada beberapa kasus, Radang Uretra/uretritis ada juga yang tidak disebabkan oleh infeksi, tetapi disebabkan oleh iritasi atau kerusakan pada uretra karena pemakaian sabun, masturbasi atau penggunaan kateter kandung kemih. Uretritis seringkali ditemukan pada pria usia antara 25 dan 35 tahun. Hal ini juga bisa terjadi pada wanita, tetapi lebih sulit untuk didiagnosis karena pada wanita biasanya tidak menunjukan banyak gejala.

penyebab radang uretra

penyebab radang uretra

Penyebab radang uretra Gejala yang timbul, pada penyakit ini baik pada pria maupun wanita biasanya yaitu akan merasakan gejala nyeri saat berkemih, keinginan untuk sering berkemih dan sekret abnormal keluar dari vagina atau penis. Pria juga dapat merasakan nyeri saat berhubungan seksual atau saat ejakulasi dan rasa sakit pada ujung penis. Biasanya wanita juga mengalami nyeri perut dan demam tinggi. Penyebab radang uretra, Untungnya, uretritis bukan merupakan kondisi yang mengancam jiwa dan dapat diobati dengan antibiotik dan penghilang rasa sakit. Namun, ketika tidak diobati dengan benar, uretritis dapat menyebabkan komplikasi, seperti infeksi testis (orkitis) dan kelenjar prostat (prostatitis) pada pria, serta infeksi pada serviks (servisitis) dan organ reproduksi (penyakit radang panggul) pada wanita.

Penyebab Radang Uretra

menunjukkan bahwa biasanya penyebab radang uretra pada wanita sangat banyak, diantaranya sangat berhubungan dengan kebiasaan hidup wanita. Beberapa wanita tidak tahu merawat genitalnya, cairan perawatan daerah wanita dengan asam lemah pH4 bisa digunakan sehari-hari, dengan demikian, baru bisa menjaga bagian genital. Uretra wanita lebih pendek; mulut luar uretra, mulut vagina, dan anus saling berdekatan sehingga mudah terkontaminasi sekresi vagina dan feses. Terutama saat wanita mengidap bakteri vaginosis, lebih mudah menjadi radang uretra bakteri. Maka perhatikan perawatan dan kebersihan genital sehari-hari.

Masih ada penyebab radang uretra pada wanita adalah yang berhubungan dengan struktur tubuh karena berhubungan dengan struktur fisiologis khusus wanita, panjang uretra pendek, lurus dan luas, kegunaan sfingter uretra lebih lemah, ciri-ciri struktur anatomi ini, membuat wanita lebih mudah mengidap infeksi uretra daripada pria. Jika uretra ada luka dan saluran kemih lainnya luka maka mengakibatkan daya tahan tubuh menurun sehingga lebih mudah terjadi infeksi uretra.

Menahan buang air kecil sering terjadi pada wanita , ini juga salah satu penyebab radang uretra pada wanita karena urine berada dalam kandung kemih untuk waktu lama, akan menghasilkan bakteri, ada lebih banyak waktu berkembang biak dan menyerang jaringan lain sehingga sangat mudah menyebabkan radang uretra.

Penyebab radang uretra, Jika haid melakukan hubungan seksual: jika wanita pada saat haid tidak ada kontraindikasi melakukan hubungan seksual dan tidak memperhatikan kesehatan maka sangat mudah menyebabkan radang uretra wanita. Hal ini karena darah haid adalah tempat pembiakan bakteri yang paling baik, tidak memperhatikan kesehatan sangat mudah menimbulkan serangan bakteri. Selain itu, kegiatan hubungan seksual tidak berhati-hati juga bisa menimbulkan radang uretra wanita.

Penyebab radang uretra, Setelah wanita hamil karena rahim akan membesar dan menekan di dekat kandung kemih dan ureter, perubahan endokrin tubuh juga membuat ureter diastolik dan memperlambat gerak peristaltic. Aliran urin menjadi lambat membentuk efusi, begitu juga bermanfaat untuk serangan bakteri dan menyebabkan penyakit.

Penyebab radang uretra, Setelah pria dan wanita berhubungan seksual yang kotor, 1-3 minggu muncul sejumlah kecil sekresi putih atau celana dalam kotor, mulut uretra ada selaput keropeng timbul setelah sekresi kering, saat buang air kecil uretra terasa sedikit terbakar, terasa tertusuk, dan gatal maka harus melakukan pemeriksaan.

Penyebab radang uretra, Peradangan terdekat dapat menyebabkan: gonorrhea, chlamydia, mycoplasma merupakan salah satu patogen penyebab penyakit yang menimbulkan radang uretra. Chlamydia, mycoplasma tidak menunjukkan gejala yang signifikan bahkan, tidak ada gejala. Banyak orang salah mengira bahwa tidak ada gejala berarti tidak ada penyakit sehingga menunda waktu pengobatan.

 

Penyebab Radang Uretra

 

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*