Penyebab Kanker Serviks

Penyebab Kanker Serviks

Penyebab Kanker Serviks

Penyebab Kanker Serviks – Berdasarkan data WHO, kanker serviks merupakan jenis kanker nomor dua yang paling sering diderita oleh wanita Indonesia, setelah kanker payudara. Pada tahun 2012, di Indonesia terdapat 20.928 wanita yang terdiagnosa kanker serviks dan 9.498 diantaranya meninggal dunia. Diperkirakan setiap satu jam, ada satu wanita Indonesia meninggal karena kanker serviks.

Hampir 70 persen penyakit kanker serviks, baru diketahui saat kondisi sudah stadium lanjut. Padahal semakin dini penyakit kanker serviks ditemukan, semakin besar kemungkinan untuk sembuh.  Ada banyak kelalaian dan gaya hidup yang dapat menjadi Penyebab Kanker Serviks pada diri seseorang, yaitu :

 

  1. Banyaknya wanita tidak mengenal dan jarang melakukan pap smear

Pap smear sangat penting bagi wanita untuk mengetahui kesehatan rahimnya. Banyak wanita seringkali meremehkan bagian tubuh yang satu ini, akhirnya pap smear bukanlah suatu hal penting. Dan inilah yang jadi salah satu Penyebab Kanker Serviks yang ditemukan terlambat.

  1. Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Tidak semua orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Namun wanita normal pada umumnya memiliki sistem kekebalan tubuh yang seimbang. Penyebab Kanker Serviks ada pada mereka yang menderita HIV/AIDS karena para penderita inilah yang rawan terkena kanker. Mengapa? Kondisi kekebalan tubuh mereka sangatlah lemah, sehingga berbagai virus dapat berkembang pesat di dalam tubuh mereka. Seringkali mereka yang menderita HIV/AIDS meregang nyawa bukan karena virus HIV, namun karena penyebab lain, salah satunya kanker serviks.

  1. Usia 40 tahun ke atas

Semakin bertambahnya usia, tubuh rentan terserang berbagai macam penyakit juga menjadi salah satu Penyebab Kanker Serviks. Dokter seringkali menyarankan agar kita menjaga apa yang kita konsumsi serta berolahraga secara teratur. Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan mampu menjaga keseimbangan tubuh kita dan membantu regenerasi sel-sel tubuh. Dengan menu konsumsi yang tepat dan sehat, secara otomatis kita akan menjadi lebih sehat, karena sel-sel tubuh selalu muda. Virus dan segala macam penyakit tidak akan mudah menginfeksi. Untuk itu, kita yang mulai menginjak usia 40 tahun, lebih cermat memilih apa yang akan dikonsumsi dan rajin-rajin berolahraga secara rutin.  – Penyebab Kanker Serviks

  1. Berganti-ganti pasangan

Penyebab Kanker Serviks yang berikutnya yaitu berganti-ganti pasangan. Selain rentan terserang virus HIV/AIDS, mereka yang sering kali berganti-ganti pasangan mudah terserang kanker serviks. Apalagi jika pasangan menderita penyakit, penularan penyakit melalui persetubuhan lebih mudah terjadi. Untuk itu, sebaiknya mulai sekarang kita berhati-hati dan lebih bijaksana dan setia pada pasangan kita.

  1. Merokok

Tertera di bungkus rokok, apabila merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit, khususnya kemandulan pada wanita. Dan Penyebab Kanker Serviks juga merupakan salah satu efek yang sangat mungkin terjadi pada para perokok wanita. Tidak dapat dipungkiri bahwa di balik kenikmatan merokok, efek negatif banyak ditimbulkan. Jadi merupakan pilihan Anda untuk melanjutkan kegiatan merokok Anda, atau berhenti dan terhindar dari segala macam penyakit, termasuk kanker serviks.

  1. Tidak menjaga kebersihan pakaian dalam

Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada leher rahim yaitu antara vagina dan rahim. Untuk itu, penting bagi seorang wanita menjaga kebersihan pakaian dalamnya. Selain pakaian dalam, Anda juga harus sering mengganti pembalut saat sedang menstruasi. Jangan sampai ada tumpukan bakteri di sekitar vagina Anda. Karena tidak menjaga kebersihan pakaian dalam ini juga termasuk salah satu Penyebab Kanker Serviks.

  1. Seks bebas

Selama ini mungkin Anda hanya sering mendengar bahwa seks bebas dapat menyebabkan penyakit AIDS. Padahal seks bebas juga bisa menjadi Penyebab Kanker Serviks yang paling utama. Selain itu seks pada usia dini juga bisa menjadi Penyebab Kanker Serviks. Untuk itu bagi Anda yang sudah aktif secara seksual, sebaiknya rutin melakukan papsmear.

  1. Mengonsumsi makanan cepat saji

Penyebab Kanker ServiksMakanan cepat saji juga diketahui mengandung zat karsinogenik, yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, mengonsumsi makanan yang dibakar juga bisa menjadi Penyebab Kanker Serviks. Bagian gosong pada makanan tersebut, mengandung arang sisa pembakaran yang tidak bisa diolah oleh tubuh sehingga bisa menjadi pemicu kanker.

  1. Stres

Gangguan psikologis yang satu ini diketahui dapat menyebabkan banyak penyakit, termasuk kanker serviks. Penyebab Kanker Serviks ini adalah stres yang dapat menurunkan daya tahan tubuh, sehingga sulit untuk melawan virus HPV. Jadi berusahalah untuk membuat hati Anda tetap senang dan terbebas dari stres.

 

 

 

Penyebab Kanker Serviks

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*