Penyebab Kanker Rahim Pada Wanita

Penyebab Kanker Rahim Pada Wanita

Penyebab Kanker Rahim Pada Wanita

Penyebab Kanker Rahim Pada Wanita

Penyebab Kanker Rahim -Penyebab kanker rahim secara pasti, sampai sekarang belum diketahui. Namun, para peneliti berhasil mengidentifikasi sejumlah faktor pemicu yang dipercaya menjadi penyebab tumbuhnya kanker ovarium di jaringan epitel. Keakuratannya bisa mencapai 85 – 90%. Namun, akurasi ini kurang tepat jika digunakan untuk kanker indung telur yang terjadi pada sel germinal dan sel stromal.

Meskipun Anda memiliki faktor-faktor yang beresiko terkena kanker ini, Anda jangan buru-buru khawatir karena hanya sedikit faktor tersebut yang berkembang menjadi kanker. Faktor penyebab kanker rahim pada wanita diakibatkan dari kesalahan kita sendiri. Kadang kita melakukan hal-hal yang seharusnya tidak perlu kita lakukan seperti sering menaburkan bedak ke daerah vagina, atau sering mencucinya dengan menggunakan antiseptik jika dilakukan sesering mungkin tanpa ada anjuran dari dokter akan dapat memicu timbulnya kanker rahim.

Beberapa kebiasan-kebiasan yang tanpa kita sadari dapat memicu timbulnya kanker rahim, antara lain:

Faktor-faktor penyebab kanker rahim antara lain :

  • Usia

Mayoritas kanker ovarium (kanker indung telur) muncul setelah seorang wanita melewati masa menopause. Kanker ovarium biasanya menyerang wanita di atas usia 63 tahun.

  • Sejarah reproduksi

Wanita beresiko tinggi mengidap kanker ovarium bila :

  1. Mendapatkan menstruasi sebelum usia 12 tahun
  2. Tidak memiliki anak
  3. Memiliki anak setelah usia 30 tahun
  4. Mengalami menopause setelah usia 50 tahun

Terdapat hubungan antara resiko menderita kanker ovarium dan jumlah siklus menstruasi yang dialami seorang wanita dalam hidupnya. Semakin banyak jumlah siklus menstruasi yang dilewatinya, semakin tinggi pula resiko seorang perempuan terkena kanker ovarium.

  • Penggunaan obat penyubur kehamilan

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan obat penyubur kehamilan clomiphene citrate dalam waktu lama meningkatkan kemungkinan timbulnya tumor ovarium, terlebih pemakaian obat tersebut tidak kunjung membuat seorang perempuan itu hamil. Jadi, bila Anda menggunakan obat penyubur kehamilan, diskusikan penggunaan obat ini dengan dokter Anda. Sebab, kemandulan juga menjadi penyebab seorang perempuan rentan mengidap kanker ovarium.

  • Sejarah keluarga terkena kanker

Wanita yang memiliki ibu, saudara perempuan, maupun anak perempuan yang menderita kanker ovarium meningkatkan resiko mengidap penyakit ini juga.

  • Obesitas

Peningkatan resiko terkena kanker ovarium pada perempuan bertubuh gemuk atau yang malas bergerak. Penelitian juga menunjukkan jika perempuan gemuk yang menderita kanker indung telur jumlahnya semakin banyak.

  • Diet Rendah Lemak Penyebab Kanker Rahim

Apabila kita terlalu banyak konsumsi jenis makanan yang berlemak maka estrogen pun semakin banyak, karena lemak yang potensial memproduksi hormon estrogen. Dan apabila badan rahim/endometrium terpapar oleh hormon ini maka kemungkinan terjadi perubahan yang sangat cepat menjadi kanker.

  • Kebiasaan Merokok Penyebab Kanker Rahim

Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat mempermudah selaput lendir sel-sel tubuh terangsang atau bereaksi. Dan biasanya terjadi pada tenggorokan, paru-paru dan leher rahim. Apabila nikotin yang diserap oleh tenggorakan terlalu banyak maka akibatnya semakin besar kemungkinan tiga organ itu terkontaminasi.

  • Sering Menabur Bedak Pada Vagina Penyebab Kanker Rahim

Butiran-butiran bedak yang menempel pada vagina dapat menyebabkan timbulnya kanker ovarium. Hal itu dapat mengakibatkan infeksi dan luka di ovarium. Kebiasaan seperti ini dianggap sesuatu yang wajar saja, demi menjaga kesegaran pada vagina. Padahal dengan kebiasaan seperti itu dapat menimbulkan kanker.

  • Pembersih Vagina Penyebab Kanker Rahim

Pada umumnya wanita sering menggunakan antiseptik untuk membersihkan daerah kewanitaan mereka. Katanya, berguna membasmi kuman pada vagina, perlu diketahui pada vagina terdapat kuman yang disebut Basillus Doderlain, penghasil asam laktat yang memang fungsinya menjaga kelembaban vagina. Padahal antiseptik yang digunakan mengandung bahan kimia yang berbahaya yang dapat menimbulkan iritasi pada leher rahim.

Vitamin C merupakan vitamin yang dapat memperbaiki dan memperkuat mukosa, material dalam leher rahim. Jika kita kekurang vitamin tersebut tidak menutup kemungkinan kita akan terjangkit kanker rahim. Oleh karena dianjur untuk memperbanyak makan sayuran dan mengkonsumsi vitamin C.

Penyebab Kanker Rahim Pada Wanita

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*