Penyebab Kanker Ovarium

Penyebab Kanker Ovarium

Penyebab kanker ovarium– Kanker ovarium mengacu pada adanya pertumbuhan sel-sel asing yang berbahaya pada beberapa bagian dari ovarium. Ovarium adalah organ reproduktif wanita, dimana sel telur berkembang. Umumnya kanker ovarium diklasifikasikan sebagai epithelial dan tumbuh dari permukaan ovarium. Jenis lain dari kanker ovarium tumbuh dari sel telur (tumor sel germinal) atau sel-sel pendukung (tumor stroma).

Penyebab Kanker Ovarium

Penyebab Kanker Ovarium

Penyebab kanker ovarium belum diketahui secara pasti. Akan tetapi banyak teori yang menjelaskan tentang etiologi kanker ovarium, diantaranya:

  1. Hipotesis incessant ovulation
    Penyebab kanker ovarium– Teori menyatakan bahwa terjadi kerusakan pada sel-sel epitel ovarium untuk penyembuhan luka pada saat terjadi ovulasi. Proses penyembuhan sel-sel epitel yang terganggu dapat menimbulkan proses transformasi menjadi sel-sel tumor.
  2. Hipotesis androgen
    Penyebab kanker ovarium- Androgen mempunyai peran penting dalam terbentuknya kanker ovarium. Hal ini didasarkan pada hasil percobaan bahwa epitel ovarium mengandung reseptor androgen. Dalam percobaan in-vitro, androgen dapat menstimulasi pertumbuhan epitel ovarium normal dan sel-sel kanker ovarium.

 

Sebagian besar kanker ovarium bermula dari suatu kista. Penyebab kanker ovarium–  Oleh karena itu, apabila pada seorang wanita ditemukan suatu kista ovarium harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan apakah kista tersebut bersifat jinak atau ganas (kanker ovarium).
Ciri2 kista yang bersifat ganas yaitu pada keadaan :
1. Kista cepat membesar
2. Kista pada usia remaja atau pascamenopause
3. Kista dengan dinding yang tebal dan tidak berurutan
4. Kista dengan bagian padat
5. Tumor pada ovarium

 

Faktor-faktor penyebab kanker ovarium (kanker indung telur) antara lain :

* Usia

Penyebab kanker ovarium- Mayoritas kanker ovarium (kanker indung telur) muncul setelah seorang wanita melewati masa menopause. Kanker ovarium biasanya menyerang wanita di atas usia 63 tahun.

* Sejarah reproduksi

Penyebab kanker ovarium- Wanita beresiko tinggi mengidap kanker ovarium bila :

Penyebab kanker ovarium- Mendapatkan menstruasi sebelum usia 12 tahun

Penyebab kanker ovarium- Tidak memiliki anak

Penyebab kanker ovarium- Memiliki anak setelah usia 30 tahun

Penyebab kanker ovarium- Mengalami menopause setelah usia 50 tahun

Terdapat hubungan antara resiko menderita kanker ovarium dan jumlah siklus menstruasi yang dialami seorang wanita dalam hidupnya. Semakin banyak jumlah siklus menstruasi yang dilewatinya, semakin tinggi pula resiko seorang perempuan terkena kanker ovarium.

* Penggunaan obat penyubur kehamilan

Penyebab kanker ovarium- Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan obat penyubur kehamilan clomiphene citrate dalam waktu lama meningkatkan kemungkinan timbulnya tumor ovarium, terlebih pemakaian obat tersebut tidak kunjung membuat seorang perempuan itu hamil. Jadi, bila Anda menggunakan obat penyubur kehamilan, diskusikan penggunaan obat ini dengan dokter Anda. Sebab, kemandulan juga menjadi penyebab seorang perempuan rentan mengidap kanker ovarium.

* Sejarah keluarga terkena kanker

Penyebab kanker ovarium- Wanita yang memiliki ibu, saudara perempuan, maupun anak perempuan yang menderita kanker ovarium meningkatkan resiko mengidap penyakit ini juga.

* Obesitas

Penyebab kanker ovarium- Peningkatan resiko terkena kanker ovarium pada perempuan bertubuh gemuk atau yang malas bergerak. Penelitian juga menunjukkan jika perempuan gemuk yang menderita kanker indung telur jumlahnya semakin banyak.

Bagaimana Cara Mendiagnosanya

  • Tes Darah CA 125

CA 125 merupakan protein yang terdapat pada permukaan sel kanker ovarium dan beberapa jaringan sehat. Kandungan CA-125 meningkat sekitar 80% pada pasien yang terkena kanker ovarium epithelial. Akan tetapi metode ini tidak terlalu akurat untuk mendiagnosa kanker ovarium karena protein CA-125 juga dapat meningkat dalam kondisi non-kanker, seperti saat terjadi endometriosis dan radang usus buntu.

  • Scan Ultrasound

Ada kemungkinan perlu dilakukan pemeriksaan dengan transvaginal ultrasound, dengan memasukkan alat ultrasound ke dalam vagina. Pemeriksaan juga dapat dilakukan melalui pemeriksaan ultrasound eksternal di mana alat ultrasound diletakkan di atas perut. Gambar yang dihasilkan kemudian akan menunjukkan ukuran serta tekstur dari ovarium Anda, sekaligus kista yang mungkin ada.

  • Pemeriksaan Pelvik

Dokter memeriksa permukaan vulva, uterus serta ovarium untuk mencari perubahan abnormal.

  • Scan CT atau Scan MRI

Pemindaian visual pada bagian perut, dada dan pelvik ini dapat membantu untuk mendeteksi tanda-tanda terjadinya kanker pada bagian tubuh yang lain.

  • X-Ray dada

Diagnosa ini membantu untuk mendeteksi apakah bagian tubuh yang lain seperti paru-paru, juga telah terkena kanker.

  • Bedah atau Biopsi

Pada dasarnya metode ini adalah metode pembedahan atau biopsi yang diperlukan untuk membuktikan bahwa sel yang didiagnosa adalah kanker dan berasal dari ovarium.

Prognosis Kanker Ovarium

Kanker ovarium pada tahap awal memiliki peluang yang tinggi untuk disembuhkan , sementara kanker pada tahap lanjutan, kesembuhan total mungkin sulit untuk dicapai.

 

 

Penyebab kanker ovarium

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*