Penyebab Kanker Endometrium

Penyebab Kanker Endometrium

Penyebab Kanker Endometrium– Kanker Endometrium adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan kanker pada endometrium, lapisan paling dalam dari dinding rahim, dimana sel-sel endometrium tumbuh secara tidak terkontrol, menginvasi dan merusak jaringan di sekitarnya. Penyebab Kanker Endometrium– Kanker ini merupakan salah satu dari kanker pada sistem reproduksi wanita yang paling umum dan seringkali terdeteksi pada stadium awal karena gejala-gejalanya, seperti perdarahan vagina di antara periode menstruasi dan setelah menopause, masa menstruasi yang berat dan berkepanjangan disertai sekret abnormal pada vagina, yang mendorong wanita untuk menemui dokter. Penyebab Kanker Endometrium– Ketika terdeteksi pada stadium awal, kanker endometrium dapat sepenuhnya dibuang melalui pengangkatan rahim secara bedah (histerektomi).

Penyebab Kanker Endometrium– Ada faktor lain yang meningkatkan kadar estrogen dan salah satunya adalah obesitas. Jaringan lemak dalam tubuh juga memproduksi hormon estrogen. Pola makan dengan asupan tinggi lemak hewani, termasuk daging, susu, dan unggas, bersama dengan makanan olahan dan gula halus adalah nomor satu penyebab obesitas. Penyebab Kanker Endometrium- Makanan ini harus dihindari terutama oleh mereka yang beresiko.

Penyebab Kanker Endometrium

Penyebab Kanker Endometrium

Penyebab Kanker Endometrium- Mereka yang berisiko adalah wanita yang telah melalui menopause, tidak punya anak, menderita diabetes, memiliki kanker payudara, atau sering mengkonsumsi makanan dengan lemak tinggi.

Penyebab Kanker Endometrium- Tanda pertama kanker endometrium adalah perdarahan atau bercak. Pendarahan atau bercak mungkin tidak selalu hasil dari kanker, tetapi ide yang baik untuk segera memeriksakan ke dokter agar diperiksa lebih detail lagi.

Penyebab Kanker Endometrium– Gejala lain dari kanker endometrium adalah penurunan berat badan, kelelahan, nyeri panggul, kesulitan buang air kecil dan nyeri selama hubungan reksual.

Tanda dan gejala Kanker Endometrium yang mungkin timbul:

a)      Darah di dalam cairan vagina

b)      Haid yang sangat lama dan berat

c)       Keluar cairan dari vagina

d)      Menderita Dispareunia

e)      Pendarahan vagina setelah Menopause

f)       Pendarahan vagina yang tidak normal di sela-sela periode menstruasi

g)      Penurunan berat badan yang tidak diinginkan

h)      Rasa sakit pada panggul

 

Penyebab kanker endrometrium yang utama masih belum diketahui dengan jelas, namun setelah melalui beberapa penelitian, ada beberapa hal yang diduga sebagai pemicu kanker endrometrium, yaitu:

  1. Wanita yang berbadan gemuk (obesitas) memiliki kadar estrogen yang tinggi dalam darah, sehingga mempunyai resiko terkena kanker endrometrium.
  2. Sindroma ovarium polikistik yang bisa menyebabkan kadar estrogen dalam darah yang sangat tinggi sehingga meningkatkan resiko kanker.smoking ini salah satu penyebab kanker endometrium
  3. Penggunaan estrogen dosis tinggi dengan jangka waktu yang lama.
  4. Wanita yang mengalami menstruasi pada usia yang masih sangat muda memiliki resiko yang lebih tinggi karena adanya peningkatan waktu paparan dinding rahim terhadap estrogen.
  5. Menopause lambat dimana paparan estrogen yang bertambah lama pada dinding rahim.
  6. Riwayat infertilitas.
  7. Menstruasi yang tidak teratur.
  8. Ras kulit putih.
  9. Wanita yang berusia lebih dari 50 tahun (masa menopause).
  10. Mengonsumsi obat kanker payudara (tamoxifen) dengan dosis yang tinggi
  11. Mempunyai riwayat penyakit diabetes, hipertensi, dan penyakit kandung empedu.
  12. Menggunakan kontrasepsi oral dosis tinggi.
  13. Mempunyai kebiasaan merokok.

 

Sejumlah faktor lain akan mendukung perkembangan kanker, seperti:

  • Hormon terapi dengan estrogen saat menopause yang terjadi selama jangka panjang tanpa progestogen diambil secara bersamaan.
  • Kegemukan (karena sel-sel lemak memproduksi estrogen dalam jumlah kecil, obesitas meningkatkan risiko penyakit kanker rahim)
  • Polycystic ovary syndrome (PCOS) Di sini, fungsi ovarium terganggu. Hal ini menyebabkan gangguan siklus dan hormonal.
  • Diabetes dan hipertensi
  • Sejarah kanker payudara
  • Mengkonsumsi tamoxifen: Tamoxifen merupakan obat estrogen dan dapat digunakan untuk pengobatan kanker payudara.
  • Penyebab Kanker Endometrium- Riwayat usia datang haid pertama kali juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi serangan kanker endometrium. Menurut penelitian, wanita yang mendapatkan siklus haid pertama pada usia 12 tahun atau lebih, memiliki resiko yang lebih tinggi terserang kanker endometrium.
  • Terapi radiasi di daerah perut atau panggul dari kanker sebelumnya.
  • Kanker rahim lebih sering terjadi pada beberapa keluarga, Dokter menduga bahwa penyakit ini adalah faktor keturunan.

 

Penyebab Kanker Endometrium

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*