Penyakit Tumor Rahim

Penyakit Tumor Rahim

Penyakit Tumor Rahim -Tumor fibroid rahim atau leiomioma atau sering disebut penyakit Tumor Rahim ini adalah salah satu tumor yang paling umum di kalangan wanita, Tumor fibroid rahim biasanya non-kanker. Namun, diperlukan kewaspadaan untuk menyadari tumor dan beberapa bahaya yang mungkin membawa ke kesehatan Anda.

Tumor fibroid rahim dikenal sebagai leiomyomata rahim atau myoma, adalah pertumbuhan yang terdiri dari sel-sel otot polos dan jaringan ikat fibrosa biasanya ditemukan dalam dinding rahim. Beberapa tumbuh di bawah lapisan rahim dan tumbuh diantara otot-otot rahim, sementara beberapa tumbuh menuju bagian luar rahim. Tumor fibroid rahim dapat tumbuh dalam kelompok atau sebagai nodul tunggal dan dapat bervariasi dalam ukuran.

Para peneliti belum mengidentifikasi penyebab tumor fibroid rahim. Namun ada kepastian penyebab tumor rahim terjadi karena faktor hormonal, genetik dan lingkungan, yang mungkin hadir dalam kombinasi dalam setiap kasus.

Meskipun dianggap sebagai tumor, tumor fibroid rahim sebagian besar jinak, yang berarti bahwa dalam kebanyakan kasus, mereka tidak berbahaya seperti tumor kanker. Kasus tumor fibroid rahim berubah menjadi kanker yang sangat jarang terjadi. Meskipun memiliki tumor fibroid rahim umumnya tidak berbahaya (juga tidak ada hubungannya dengan kanker rahim).

Tumor fibroid rahim berkembang pada wanita usia subur, biasanya mereka yang berada di usia 30-an dan 40-an. Namun, penelitian menunjukkan bahwa wanita yang pernah melahirkan cenderung untuk mengembangkan tumor fibroid rahim. Selain itu, telah ditemukan bahwa wanita kelebihan berat badan dan wanita muda Afrika lebih rentan untuk mengembangkan tumor fibroid rahim. Alasan untuk ini belum diketahui, namun, fakta-fakta ini telah umum diketahui.

Penyakit tumor rahim adalah jenis tumor jinak yang berkembang pada rahim wanita. Tumor ini sedikit unik karena tidak ditemukan pada wanita yang belum masuk pubertas, dan hampir tidak ditemukan tumbuh menjadi besar pada wanita yang sudah dalam usia menopouse. Penyakit tumor rahim banyak menyerang kelompok wanita berusia sekitar 30 tahun.

Penyakit Tumor Rahim

Penyakit Tumor Rahim

Penyebab Penyakit Tumor Rahim

Penyakit tumor rahim sering dihubungkan dengan stimulasi hormon estrogen terhadap organ rahim. Adapun yang menjadi indikasi menjadi penyebab tumor rahim adalah:

  • Ketika berhentinya produksi normal sel-sel di jaringan tertentu.
  • Ketika sesuatu merusak sel normal sehingga sel tersebut tidak lagi mampu berfungsi secara normal.
  • Ketika gen p53 berhenti mengirimkan pesan agar sel-sel tertentu mati pada waktunya (apoptosis). Tumor akan terus berkembang dan merusak sel-sel sehingga tidak mampu berfungsi secara normal.

Ketiga hal tesebut diatas disebabkan oleh faktor gaya hidup terutama bagi peminum alkohol dan perokok. Penyebab lain tumor rahim adalah karena obesitas (kelebihan berat badan), faktor lingkungan, faktor genetis, radiasi dari sinar matahari atau dari zat-zat kimia. Tingkat stress yang tinggi juga akan memicu munculnya tumor rahim.

Gejala Penyakit Tumor Rahim

Adapun gejala dari penyakit tumor rahim, adalah sebagai berikut:

  • Terjadi perdarahan pervaginam
  • Keluar cairan abnormal dari vagina,
  • Sering merasa nyeri perut terutama pada awal-awal siklus menstruasi,
  • Perut terasa tertekan,
  • Terasa benjolan keras di bagian perut.

Apabila anda merasakan beberapa gejala Tumor Rahim tersebut, segera konsultasikan kepada dokter. Sehingga masih sangat mungkin disembuhkan dan tidak berkembang menjadi kanker yang lebih ganas. Saat ini Tumor Rahim tidak hanya menyerang wanita berumur, namun wanita dengan usia 20 tahunan, bahkan remaja juga sangat beresiko mengalami Gangguan Kesehatan Reproduksi tersebut.

Pencegahan Alami dan Pengobatan Penyakit Tumor Rahim

Pencegahan yang bisa dilakukan bagi anda yang berisiko tinggi menderita kanker rahim adalah dengan mengkonsumsi   Kulit Manggis, Daun Sirsak, atau Madu secara rutin. Pengobatan Penyakit Tumor Rahim yang paling mudah dilakukan adalah dengan operasi pengangkatan sel-sel tumor tersebut.

Penyakit Tumor Rahim

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*