Penyakit Kanker Dinding Rahim

Penyakit Kanker Dinding Rahim

Penyakit Kanker Dinding Rahim

Penyakit Kanker Dinding Rahim

Penyakit Kanker Dinding Rahim – Bagian atas rahim disebut badan, sedangkan bagian bawah yang berbatasan dengan vagina disebut leher rahim atau serviks. Lapisan terluar dinding rahim disebut miotremium, yang sangat tebal dan tersusun atas otot yang kuat. Otot-otot ini berkontraksi selama proses bersalin untuk membantu mengeluarkan bayi.Bagian endometrium lebih halus dan berpori. Setiap bulan, endometrium berubah sebagai bagian dari siklus menstruasi. Pada awal siklus, indung telur/ovarium mengeluarkan hormon estrogen yang menyebabkan penebalan endometrium.

Pada pertengahan siklus, indung telur berhenti mengeluarkan estrogen dan mulai memproduksi hormon lain, yaitu progesteron. Progesteron mempersiapkan bagian dalam endometrium untuk mempertahankan embrio sehingga terjadi kehamilan.Jika proses penempelan embrio tidak terjadi, maka kadar progesteron akan menurun drastis. Bagian dalam endometrium inilah yang luruh menjadi darah menstruasi. Penyakit kanker dinding rahim terjadi ketika sel-sel dinding rahim mengalami perubahan dan mulai tumbuh tidak terkontrol ketika sel-sel tersebut tumbuh dan bertambah banyak, maka terbentuklah benjolan yang disebut tumor.

Penyakit kanker dinding rahim atau biasa disebut kanker endometrium merupakan jenis umum kanker yang sering menyerang perempuan, dimana kanker ganas sel pada lapisan rahim ditemukan. Rahim adalah rongga berbentuk buah pir di mana seorang anak dapat berkembang. Telah ada peningkatan bertahap dalam kejadian kanker endometrium pada wanita selama bertahun-tahun terakhir. Untungnya, seperti penyakit kanker dinding rahim cenderung hadir dengan gejala awal, mereka biasanya terdeteksi jauh lebih awal daripada kanker lain (seperti kanker ovarium), sehingga jauh lebih diobati pada tahap awal.

Perempuan dianggap beresiko tinggi terkena penyakit kanker dinding rahim :

  • Perempuan yang pernah melakukan terapi estrogen
  • Wanita yang belum pernah hamil
  • Infertilitas atau mereka yang tidak berovulasi
  • Menopause
  • Terapi Tamoxifen
  • Obesitas
  • Diabetes mellitus
  • Hipertensi

FAKTOR RISIKO PENYAKIT KANKER DINDING RAHIM

Beberapa faktor risiko timbulnya penyakit kanker dinding rahim adalah sebagai berikut :

  • Wanita yang memiliki riwayat keluarga terkena kanker endometrium.
  • Wanita di atas 50 tahun atau menopause.
  • Wanita tidak memiliki anak atau tidak menikah.
  • Wanita pengguna preparat estrogen, seperti terapi sulih hormon pada wanita menjelang menopause.

Penyakit Kanker Dinding Rahim

GEJALA PENYAKIT KANKER DINDING RAHIM

Jika pasien menderita penyakit kanker dinding rahim, maka kemungkinan akan muncul gejala-gejala seperti di bawah ini:

Muncul pendarahan tidak teratur pada vagina

Gejala kanker endometrium yaitu pendarahan dalam jumlah sedikit sampai sedang, jarang yang mengalami pendarahan dalam jumlah banyak. Pada penderita pasca menopause akan muncul gejala pendarahan terus menerus pada vagina atau pendarahan yang sifatnya berselang. Pasien kanker endomitrium umumnya tidak berhubungangan dengan pendarahan. Pendarahan vagina pada pasien stadium akhir bsia disertai dengan jaringan daging. Pada saat ini, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter ginekologi, dalam memudahkan pendiagnosaan dini.

Keputihan yang tidak normal

pada satadium awal mungkin hanya akan muncul gejala keputihan disertai darah, namun jika terjadi infeksi, setelah parah mungkin akan muncul cairan seperti nanah dalam jumlah besar dan berbau. Ada kalanya dapat disertai dengan jarongan kecil dari kanker. Bisa melakukan pemeriksaan ke dokter ginekologi atau melakukan pap smear, untuk skrining penyakit.

Nyeri

Sakit perut, nyeri saat berhubungan seksual dan nyeri pada saat buang air kecil. Jika jaringan kanker telah terjadi penetrasi pada jaringan serosa atau erosi rahim, kandung kemih, rektum, usus, atau menekan jaringan lain, bisa timbul gejala nyeri pada panggul, pengerasan dan progresif, dan banyak bagian lumbosakral, bagian prut bawah sampai paha yang teradiasi. Anda bisa melakukan USG atau histeroskopi, sehingga dapat segera melakukan pengobatan.

Penyakit Kanker Dinding Rahim

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*