Pengobatan Kanker Ovarium

Pengobatan Kanker Ovarium

Pengobatan Kanker Ovarium

Pengobatan Kanker Ovarium – Kanker ovarium bisa diobati jika mampu terdeteksi secara dini. Diagnosis yang tepat adalah ketika kanker belum menyebar ke seluruh tubuh. Tergantung pada stadium kanker ovarium, dokter biasanya menyarankan kombinasi pengobatan. Kebanyakan dari mereka menjalankan operasi yang diikuti dengan kemoterapi.

Tidak ada gejala spesifik yang menunjukan adanya kanker ovarium. Gejala yang paling sering dikeluhkan oleh penderita kanker ovarium adalah:

  • Kembung atau perut buncit dan terasa tidak nyaman,
  • Nyeri pada rongga panggul atau perut bagian bawah
  • Mudah kenyang walaupun makan sedikit
  • Gangguan berkemih menjadi tidak tertahankan dan lebih sering
  • Lemas
  • Nyeri pada tulang belakang
  • Nyeri saat berhubungan seksual
  • Konstipasi atau susah buang air besar
  • Perubahan siklus menstruasi
  • Perdarahan vagina
  • Mual muntah

 

Di bawah ini ada beberapa Pengobatan Kanker Ovarium yang bisa menjadi pilihan bagi penderita antara lain :

 

  1. Operasi

Pengobatan Kanker Ovarium umumnya melibatkan melepaskan kedua ovarium, saluran tuba, rahim serta kelenjar getah bening di dekatnya dan lipatan jaringan lemak perut (omentum) di mana kanker ovarium sering menyebar. Dokter bedah Anda juga akan menghapus sebanyak mungkin kanker dari perut Anda. Operasi lebih mudah dimungkinkan jika kanker ovarium Anda didiagnosis pada tahap yang sangat awal. Bagi wanita dengan stadium 1 kanker ovarium, operasi mungkin melibatkan menghapus satu ovarium dan tuba fallopi nya. Pengobatan Kanker Ovarium ini dapat melestarikan kemampuan untuk memiliki anak.

 

  1. Kemoterapi

Pengobatan Kanker Ovarium dengan kemoterapi merupakan pengobatan bantuan yang utama untuk kanker ovarium. estimasi operasi pengangkatan tumor yang sulit, maka sebelum operasi terlebih dahulu dilakukan kemoterapi sebanyak 1-2 kali, dapat meningkatkan efektifitas operasi pengangkatan. Kemoterapi setelah operasi dapatPengobatan Kanker Ovarium mencegah kambuh; bagi operasi pengangkatan yang tidak bersih, dengan kemoterapi memperoleh penangguhan sementara bahkan dapat memperpanjang jangka hidup; bagi yang tidak dapat dilakukan operasi pengangkatan, kemoterapi dapat membuat tumor mengecil, mudah digerakkan, menciptakan kondisi untuk operasi lagi.

 

  1. Terapi radiasi

Terapi radiasi berguna untuk membunuh sel penular dengan menggunakan sinar radiasi tinggi yang dipancarkan secara langsung ke daerah yang terkena kanker. Walaupun pengobatan ini efektif  untuk kebanyakan jenis kanker pengobatan ini jarang digunakan pada Pengobatan Kanker Ovarium.

 

  1. China medical

Pengobatan Kanker Ovarium dengan metode herbal tradisional China medikal dilandasi dengan pandangan secara holistic (keseluruhan), menyesuaikan endokrin secara keseluruhan, agar peredaran darah lebih aktif dan sehat, karena bagi kaum wanita, darah merupakan materi dasar menstruasi, apabila fungsi organ terganggu, aliran energi dan darah juga terpengaruh, berdampak juga pada fungsi penyimpanan darah, dapat menyebabkan terjadinya banyak macam penyakit ginekologi.

 

  1. Immunoterapi

Melalui penelitian klinis dan hasil pengalaman selama bertahun-tahun, merekomendasikan suatu metode pengobatan yang khas untuk Pengobatan Kanker Ovarium yaitu immunoterapi, sebagai dasar metode Pengobatan Kanker Ovarium ini ialah di dalam sistem kekebalan tubuh manusia, memiliki immunosel yang mempunyai fungsi identifikasi dan penekanan yang baik terhadap sel tumor, melalui sel-sel immun ini berhasil mengobati penyakit tumor. Inilah prinsip yang disebut “menggunakan sel-sel dari pasien untuk mengobati penyakit pasien sendiri”.

 

  1. Radioterapi

Menurut type jaringan yang berbeda pada kanker ovarium, maka tingkat kepekaan terhadap radioterapi juga berbeda, dysgerminoma paling peka terhadap radioterapi, granulosa sel tumor memiliki kepekaan sedang, epitel tumor juga memiliki tingkat kepekaan tertentu; penyinaran setelah operasi diutamakan terhadap lesi tumor yang masih tersisa di rongga perut; pasien yang masih ada tersisa lesi tumor kecil tetapi tidak terjadi adhesi di rongga perut dapat melakukan perfusi radionuklida pada saat 7-14 hari setelah operasi.

 

 

 

Pengobatan Kanker Ovarium

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*