Pencegahan Kanker Rahim

Pencegahan Kanker Rahim

 

Pencegahan Kanker Rahim – Kanker rahim menduduki peringkat keenam dunia dalam daftar kanker yang paling sering terjadi pada wanita. Penyakit ini diperkirakan sudah menyerang sekitar 320.000 wanita pada tahun 2012. Di Indonesia sendiri, kanker rahim tidak termasuk ke dalam sepuluh besar kanker yang menyerang wanita. Pada tahun 2002, terhitung ada sekitar 17,500 wanita di Indonesia yang menderita kanker rahim.

Pencegahan Kanker RahimCiri-Ciri Kanker Rahim

Banyak wanita menunjukkan beberapa atau semua ciri kanker rahim berikut ini dalam kesehariannya. Hal ini sangat penting untuk memahami bahwa gejala dibawah ini mungkin tanda-tanda penyakit kanker jika terjadi secara terus menerus. Namun tidak berarti Anda bisa sebegitu mudahnya mendiagnosa sebuah penyakit kanker.

Sangat penting untuk Anda memiliki komunikasi yang terbuka dengan dokter mengenai tentang ciri-ciri kanker rahim dan informasi lainnya seputar penyakit tersebut. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan dari ciri-ciri pada tahapan awal:

  • Perut kembung.
  • Siklus menstruasi yang tidak wajar.
  • Sakit kepala secara terus menerus.
  • Penurunan erat badan yang tidak biasa.
  • Sering terkena gangguan tidur (insomnia).
  • Frekuensi buang air kecil yang semakin meningkat.
  • Nyeri di sekitar areal abdomen.
  • Kesulitan makan atau merasa kenyang dengan cepat.
  • Kelelahan yang berlebihan.
  • Gangguan pencernaan.
  • Sakit pada punggung dan pinggul.
  • Nyeri sesaat dan setelah hubungan seksual.
  • Sering merasakan sembelit yang menyiksa.

Pencegahan Kanker Rahim

Kanker serviks umumnya akan terdeteksi ketika sudah mencapai stadium 3. Sebelum terkena penyakit berbahaya tersebut, lebih baik lakukan upaya pencegahan kanker rahim, seperti berikut:

Hindari Diet Tidak Sehat

Kebiasaan wanita dengan berat badan berlebih adalah melakukan diet yang kadang menyiksa tubuh. Hal ini harus dihindari untuk mencegah timbulnya kanker rahim. Diet yang tidak sehat bisa menyebabkan virus kanker rahim berkembang dalam tubuh. Oleh karena itu hindari diet tidak sehat sebagai upaya pencegahan kanker rahim.

Menghindari Rokok

Pencegahan kanker serviks dapat dilakukan dengan menghindari rokok. Wanita perokok aktif umumnya akan mengalami resiko terbesar penyakit kanker rahim. Zat adiktif dalam sepuntung rokok menimbulkan datangnya virus kanker serviks tersebut.

Mengindari Pemakaian Produk Makanan Berbungkus Bahan Kimia Berbahaya

Pencegahan kanker rahim dapat dilakukan dengan menghindari pemakaian produk makanan berbungkus bahan kimia berbahaya. Makanan yang dibungkus plastik dan Styrofoam dapat memicu datangnya virus kanker rahim.

Menghindari Seks Bebas

Hubungan seks dengan gonti-ganti pasangan dapat memicu berkembangnya virus human papiloma penyebab kanker rahim. Oleh karena itu sebagai pencegahan kanker rahim hindari seks bebas sejak dini.

Melakukan Pap Smear

Ini merupakan deteksi dini penyakit kanker rahim. Test dilakukan minimal satu tahun sekali, terlebih pada wanita yang telah menikah dan menggunakan pil KB. Pap smear ini terbukti dapat mencegah resiko terjadinya kanker serviks. Dengan melakukan tes papsmear secara rutin (setahun biasanya tiga kali), maka upaya pencegahan kanker rahim lain yang hendak dilakukan secepat mungkin bisa diketahui lebih awal.

Gaya Hidup Sehat

Pencegahan kanker rahim dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Melakukan gaya hidup sehat seperti tidak merokok, rajin olahraga, dan mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi juga penting untuk mencegah kanker rahim. Penelitian menunjukkan bahwa perokok wanita memiliki risiko dua kali lebih besar untuk terkena kanker rahim.

Itulah sekilas artikel mengenai pencegahan kanker rahim. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan wanita agar terhindar dari penyakit kanker rahim. Yang terpenting adalah selalu menjaga kesehatan dan kebersihan alat genital, serta melakukan gaya hidup yang sehat. Melakukan vaksin HPV, menggunakan kondom, serta melakukan tes papsmear secara teratur juga bisa dilakukan untuk berjaga-jaga agar tak terkena penyakit kanker rahim.

Pencegahan Kanker Rahim

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*