Pantangan Penderita Kanker Serviks

Pantangan Penderita Kanker Serviks

Pantangan Penderita Kanker Serviks

Kanker serviks disebabkan 99% oleh virus Human Papilloma Virus (HPV). Selain itu, ada juga jenis makanan yang dapat mendorong sel kanker tumbuh. Jadi untuk semua wanita sebaiknya perhatikan makanan yang akan dikonsumsi setiap hari. Banyak makanan yang memang tidak di anjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker serviks karena akan berakibat buruk kepada kankernya sendiri. Berikut ini adalah beberapa Pantangan Penderita Kanker Serviks diantaranya :

 

Pantangan Penderita Kanker Serviks

  1. Makanan atau minuman yang mengandung alkohol

Pantangan Penderita Kanker ServiksPantangan Penderita Kanker Serviks yang pertama yaitu untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol. Alkohol ini memicu sel kanker menempel pada mulut rahim. Lebih baik hindari atau berhenti konsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol. Lengkeng dan nangka adalah jenis buah-buahan yang mengandung zat tumbuh bagi sel kanker, sedangkan duku, nanas, durian dan anggur menghasilkan alkohol sehingga dapat merangsang perkembangan sel kanker.

  1. Makanan yang mengandung banyak lemak

Makanan berlemak sangat memicu kanker serviks, maka dari itu hal ini menjadi salah satu Pantangan Penderita Kanker Serviks. Potensi timbulnya penyakit ini sangat tinggi kususnya bagi wanita yang suka mengkonsumsi makanan berlemak yang berlebihan. Berbeda jauh dengan wanita yang rajin dan lebih banyak makan buah dan sayuran. Hal ini bisa terjadi karena lemak dapat memproduksi hormon estrogen, sementara keadaan rahim yang sering terbebani oleh estrogen menimbulkan sel kanker tumbuh.

Sering dikatakan oleh para ahli kesehatan “mencegah lebih baik dari pada mengobati“. Oleh karena itu untuk mencegah timbulnya kanker serviks yang tidak diinginkan lebih baik mulailah rajin berolahraga, makan sayur dan buah serta menghindari makanan yang berlemak.  – Pantangan Penderita Kanker Serviks

  1. Makanan berbahan campuran kimia

Pantangan Penderita Kanker ServiksProduk makanan yang di buat ada campuran bahan kimia, seperti bahan pengawet buatan, bahan pewarna buatan, pemanis buatan dan lainnya yang memakai campuran bahan kimia termasuk dalam Pantangan Penderita Kanker Serviks. Karena itu semua memicu penyakit kanker. Jadi lebih baik meracik sendiri saja bahan makanan yang akan dikonsumsi dalam sehari-hari.

  1. Makanan yang diawetkan

Pantangan Penderita Kanker Serviks yang berikunya yaitu makanan yang diawetkan. Alasannya yaitu karena memiliki senyawa kimia yang dapat berubah menjadi karsinogen aktif. Di dalam makanan yang dibungkus di dalam kaleng atau plastik atau kaca berpeluang menjadi tempat tumbuhnya bakteri Clostridium yang dapat menyebabkan keracunan. Tanda-tanda yang akan Anda alami jika kena bakteri ini ialah tenggorokan menjadi kaku, mata berkunang-kunang, kejang-kejang, dan bisa menyebabkan kematian.

Clostoridium Botulinum merupakan bakteri Obligat Anaerob, pembentuk Spora, Gram positif. Botulinum bersifat neurotoksin yang dapat menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian. Bahaya kedua ialah adanya Bisfenol A yang dapat mempengaruhi kesuburan. Bistenol A dikandung oleh botol plastik pembungkus makanan yang bisa larut perlahan-lahan. Padahal, bahan kimia sintetis pengeras plastik ini digunakan sebagai lapisan kaleng makanan atau minuman. Sudah ada sekitar 90 persen manusia di dunia diyakini terpapar racun Bisfenol.  Selain mempengaruhi tingkat kesuburan, racun Bisfenol juga menunjukkan bahwa racun ini bisa menimbulkan kanker payudara, kerusakan hati, obesitas, dan diabetes.    – Pantangan Penderita Kanker Serviks

  1. Makanan gosong

Sama halnya dengan makanan yang diawetkan yaitu mengandung senyawa kimia yang bisa berubah menjadi karsiogen aktif maka makanan gosong juga menjadi salah satu Pantangan Penderita Kanker Serviks. Menurut penelitian para ahli dari Norwegian Institute of Public Health, daging yang terlalu matang atau cenderung gosong mengandung senyawa mutagen yang bersifat karsinogen atau memicu kanker. Di dalam tubuh, senyawa ini bisa memicu perubahan sel-sel normal menjadi kanker.

Selain itu, risiko kanker juga diperbesar oleh adanya enzym sulfotransferase yang secara alami ada di tubuh manusia. Enzym ini bisa mengubah zat-zat yang berbahaya menjadi tidak berbahaya, atau sebaliknya dari yang tidak berbahaya menjadi bersifat karsinogen.

  1. Minuman ringan bersifat karsinogen

Pantangan Penderita Kanker Serviks yang berikutnya yaitu minuman bersifat karsinogen. Jenis es atau minuman dingin dan jenis-jenis soft drink, yang dapat mengganggu kelancaran peredaran darah. Dan alkohol yang dapat merangsang perkembangbiakan sel kanker.     – Pantangan Penderita Kanker Serviks

  1. Daging unggas

Pantangan Penderita Kanker Serviks yang terakhir yaitu mengonsumsi daging unggas. Hal ini dikarenakan daging unggas biasanya menyuntikan hormon yang mirip dengan hormon anabolic pada manusia, dimana jenis hormon ini diduga dapat memicu pertumbuhan sel kanker prostat dan kelenjar.

 

Siapa yang mengira bahwa makanan menjadi salah satu faktor penyebab penyakit kanker. Penyakit bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tetapi dengan menerapkan pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan dan mengatur waktu dan porsi makan akan bisa mengurangi resiko terkena kanker. Semoga ulasan di atas mengenai Pantangan Penderita Kanker Serviks bisa bermanfaat untuk Anda.

 

Pantangan Penderita Kanker Serviks

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*