Metode Diagnosa Kanker Rahim

Metode Diagnosa Kanker Rahim

Metode Diagnosa Kanker Rahim

Metode Diagnosa Kanker Rahim – Rahim merupakan bagian penting dalam sistem reproduksi wanita. Salah satu penyakit yang dapat menyerang organ ini adalah kanker rahim. Jenis kanker ini juga sering disebut kanker endometrium karena umumnya muncul dengan menyerang sel-sel yang membentuk dinding rahim atau istilah medisnya endometrium. Kanker ini juga dapat menyerang otot-otot di sekitar rahim sehingga membentuk sarkoma uteri. Tetapi jenis penyakit ini sangat jarang terjadi.

Kanker rahim menduduki peringkat keenam dunia dalam daftar kanker yang paling sering terjadi pada wanita. Penyakit ini diperkirakan sudah menyerang sekitar 320.000 wanita pada tahun 2012. Di Indonesia sendiri, kanker rahim tidak termasuk ke dalam sepuluh besar kanker yang menyerang wanita. Pada tahun 2002, terhitung ada sekitar 17,500 wanita di Indonesia yang menderita kanker rahim.

Gejala kanker rahim yang biasa dialami penderita adalah pendarahan vagina. Walau tidak semua pendarahan abnormal disebabkan oleh kanker rahim, tapi Anda tetap perlu waspada dan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Terutama jika Anda:

  • Sudah menopause, tapi tetap mengalami pendarahan.
  • Belum menopause, tapi mengalami pendarahan di luar siklus menstruasi.

Tak sulit untuk mendeteksi adanya ketidakberesan yang ada pada rahim kita. Bila sudah ada gejala-gejala yang timbul dan dirasa tak normal, seperti terjadinya pendarahan yang terus keluar dari vagina, memeriksakan diri akan menyelamatkan nyawa kita secara dini.

Berikut adalah dua Metode Diagnosa Kanker Rahim yang dokter kerap anjurkan dan berikan untuk ditempuh pasien supaya keberadaan kanker di rahim kita dapat benar-benar dipastikan, diantaranya:

  • Tes Biopsi

Metode Diagnosa Kanker Rahim satu ini dilakukan dokter dengan sel-sel sampel yang diambil dari dinding rahim kita untuk kemudian dapat diperiksa secara seksama. Inilah yang kemudian perlu dokter cek dan lihat di bawah mikroskop. Kuret, hitereskopi, dan aspirasi jarum halus adalah tiga Metode Diagnosa Kanker Rahim yang biasa dipilih dokter dalam melakukan biopsi terhadap pasien.

  • Tes USG TransvaginalMetode Diagnosa Kanker Rahim

Bagi yang belum tahu, Metode Diagnosa Kanker Rahim jenis ini biasanya dokter pakai supaya perubahan tebal tipisnya dinding rahim dapat diperiksa lebih cermat. Terkadang perubahan ketebalan dinding rahim dapat terjadi tanpa kita sadari yang kemungkinan besar sebagai akibat adanya sel-sel kanker yang mulai menginvasi.

  • Tes Darah, Rontgen Dada, CT Scan, dan MRI Scan

Semua Metode Diagnosa Kanker Rahim ini adalah tes-tes lain yang bakal perlu ditempuh oleh pasien yang sudah positif memiliki kanker rahim. Tahap stadium atau perkembangan dari kanker tersebut dapat diperiksa melalui rangkaian Metode Diagnosa Kanker Rahim ini.

Penting untuk kita tahu bersama bahwa ada 4 stadium atau tingkat keseriusan pada kanker rahim. Dengan pengetahuan semacam ini, tentu akan meningkatkan kewaspadaan kita supaya lebih baik.

  • Stadium 1 adalah fase awal di mana kanker didapati pada rahim.
  • Stadium 2 adalah fase selanjutnya di mana penyebaran kanker telah terdeteksi bisa sampai ke serviks atau leher rahim.
  • Stadium 3 adalah fase di mana penyebaran kanker sudah lebih serius, yaitu hingga ke luar rahim dan ini otomatis menyerang jaringan yang ada di noda limfa maupun sekitar panggul kita. – Metode Diagnosa Kanker Rahim
  • Stadium 4 adalah fase terakhir dan paling serius di mana penyebaran makin meluas, yaitu telah sampai di jaringan organ lain, termasuk perut, paru-paru, hati, usus besar dan kantong kemih.   – Metode Diagnosa Kanker Rahim

 

Makin dini kanker rahim Anda terdeteksi, kemungkinan Anda untuk bertahan hidup serta sembuh akan menjadi makin tinggi. Jika terdeteksi mengidap kanker rahim pada stadium 1 atau 2, penderita memiliki kemungkinan sekitar 75% untuk bertahan hidup selama lima tahun atau lebih. Sebagian besar penderita kanker rahim yang terdiagnosis pada stadium 1 akhirnya sembuh total. Maka dari itu Metode Diagnosa Kanker Rahim disarankan untuk dilakukan sebelum akhirnya terediagnosa sudah dalam tahap yang parah. Semoga bermanfaat…

 

 

Metode Diagnosa Kanker Rahim

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*