Kanker Rahim Waspadai !

Kanker Rahim Waspadai !

 

Kanker Rahim – Rahim merupakan organ berbentuk seperti buah pir yang menjadi tempat bayi selama berada dalam kandungan. Rahim terletak di daerah panggul bawah (daerah antara pinggul) dan didukung oleh otot-otot dasar panggul. Bagian bawah rahim disebut serviks. Serviks terletak di bagian atas vagina dan kadang-kadang disebut leher rahim. Kanker yang dimulai di leher rahim memiliki sifat yang berbeda dan membutuhkan perlakuan yang berbeda dari kanker rahim.

Kanker rahim adalah tumor ganas yang terdapat pada endometrium (lapisan terdalam rahim, tempat menempelnya ovum yang telah dibuahi). Kanker rahim muncul dari kandungan atau rahim. Rahim terdiri dari 2 lapisan – lapisan rahim dan lapisan otot. Lapisan rahim juga dikenal sebagai endometrium. Ini terdiri dari banyak pembuluh darah dan melalui tahap peningkatan ketebalan sebelum tumpah sebagai menstruasi bulanan.

Perlu digaris bawahi penyakit kanker rahim bukan penyakit yang menular. Akan tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit kanker rahim ini. Salah satunya yaitu adanya infeksi Human papillomavirus (HPV), yang dapat ditularkan melalui kontak seksual. Jadi yang ditularkan bukan penyakit kanker rahim akan tetapi penyebab atau virus HPV tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyakit kanker rahim tidak dapat menular dengan cara jabatan tangan, keringat, tukar menukar pakaian dan sebagainya.

Kanker Rahim Waspadai !

Faktor Pemicu Kanker Rahim

Penyebab kanker rahim belum diketahui secara pasti. Tetapi faktor utama yang dapat meningkatkan risiko kanker rahim adalah ketidakseimbangan hormon tubuh, terutama estrogen. Kadar hormon estrogen yang tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kanker rahim.

Beberapa faktor lain yang dapat menimbulkan hormon yang tidak seimbang adalah:

  • Menopause yang terlambat.
  • Terapi penggantian hormon.
  • Penggunaan tamoksifen jangka panjang.

Bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit kanker rahim , sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai gejala yang mungkin menjadi pertanda penyakit kanker yang satu ini. Salah satunya yang mungkin paling umum terjadi adalah perdarahan tidak normal yang keluar dari area kewanitaan. Bahkan darah bisa keluar berkali-kali dalam waktu sebulan atau lebih. Biasanya perdarahan ini juga terjadi di luar jadwal menstruasi Anda. Oleh karena itu membedakan dan mengetahuinya juga cukup mudah. Jika Anda megalami hal tersebut, berhati-hatilah dan segera periksakan kondisi kesehatan organ kewanitaan Anda ke dokter. Ciri ciri kanker rahim lainnya adalah timbulnya rasa nyeri di panggul ketika Anda sedang tidak mengalami menstruasi. Apalagi biasanya rasa nyeri ini bia terjadi kapanpun selama berjam-jam.

Rasa nyeri juga bisa dirasakan oleh penderita kanker rahim ketika sedang buang air kecil. Nah, pertanda tersebut adalah salah satu gejala stadim awal yang biasanya membuat kandung kemih terasa nyeri atau sakit saat buang air kecil. Jika terjadi demikian, bisa jadi penyakit kanker sudah semakin menyebar sampai ke bagian kandung kemih. Bahkan penderita pun tak jarang akan mengeluarkan cairan berlebih dari organ kewanitaan atau yang disebut dengan keputihan. Akan tetapi keputihan ini bisa terjadi secara berlebihan dan baunya sangat tidak sedap serta berlendir.

Selain itu gejala yang paling terasa mungkin adalah ketika Anda melakukan hubungan badan dengan pasangan Anda. Terkadang akan terasa nyeri dan bahkan sampai terjadi perdarahan karena terjadi iritasi pada leher rahim. Namun demikian, beberapa gejala tadi sebenarnya bisa berbeda antara satu wanita dengan wanita yang lain. Namun sebagai langkah atau cara mencegah kanker rahim sejak dini, lebih baik segera konsultasikan masalah tersebut kepada dokter apabila Anda merasa mengalaminya.

Kanker Rahim Waspadai !

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*