Kanker Rahim Penyebabnya

Kanker Rahim Penyebabnya

 

Kanker Rahim Penyebabnya – Rahim yang secara garis besar merupakan tempat tumbuh bagi janin di dalam kandungan. Mengingat pentingnya Rahim bagi perempuan, maka diwajibkan untuk dirawat secara baik. Karena apabila diabaikan mengenai kesehatan Rahim, ada kemungkinan untuk terserang penyakit kanker rahim. Penyakit kanker rahim yang tergolong ganas ini, sangat menakutkan, dan bisa menyebabkan kematian. Penyakit kanker rahim adalah tumor ganas pada lapisan rahim (endometrium). Penyakit kanker rahim biasanya terjadi setelah masa menopause dan sering menyerang wanita yang berusia 50-60 tahun. Penyakit kanker rahim dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh seperti indung telur, saluran telur dan sistem getah bening.

 

Penyebab Penyakit Kanker Rahim
Penyebab yang pasti dari penyakit kanker rahim belum diketahui, tetapi tampaknya penyakit ini melibatkan peningkatan kadar estrogen. Salah satu fungsi estrogen yang normal adalah merangsang pembentukan lapisan epitel pada rahim. Penyakit Kanker rahim adalah jenis penyakit paling menakutkan bagi wanita. Bagaimana tidak, dengan berkembangnya kanker pada rahim akan membuat seorang wanita menjadi tidak dapat hamil, dan yang lebih parah menyebabkan kematian.

Kanker Rahim Penyebabnya

Kanker Rahim Penyebabnya

Berikut ini ada beberapa penyebab lain terjadinya kanker rahim pada wanita:
1. Rokok
Rokok tidak hanya identik oleh pria, banyak wanita yang memiliki kebiasaan dalam kesehariannya dengan merokok. Wanita yang juga aktif merokok tak luput dari incaran penyakit yang siap mengintai dan mengancam kesehatan tubuh.
Awalnya kandungan nikotin dalam rokok mempermudah semua selaput lendir sel -sel tubuh untuk bereaksi atau terangsang. Terutama selaput lendir pada tenggorokan, paru-paru dan leher rahim. Namun akibat fatal yang terjadi adalah semakin banyak nikotin yang di hisap, maka peluang untuk merusak organ tubuh dan mengakibatkan timbulnya penyakit semakin besar. Wanita yang aktif merokok memiliki resiko penyakit pada gangguan janin, kanker dan penyakit lainnya.

 
2. Sabun pembersih vagina
Sabun pembersih vagina mudah ditemukan dan banyak dijual dengan berbagai merk dagang. Namun tak semua jenis sabun pembersih vagina itu aman, beberapa jenis sabun pembersih vagina ada yang menimbulkan efek samping seperti iritasi pada bagian sekitar organ intim. Pilihlah sabun antiseptik untuk organ intim yang dinilai aman mengandung pH alami dan seimbang serta bahan komposisi yang digunakan. Jika perlu membeli sabun antiseptik yang diawasi oleh dokter ahli.

 
3. Menaburi bedak pada organ intim
Mungkin beberapa wanita pernah melakukan suatu hal terhadap organ intimnya, yakni suka menaburi bedak pada organ intim untuk menjaga kelembutan dan kelembaban kulit di sekitar organ intim. Namun hal demikian justru akan membawa dampak buruk bagi kehidupan organ intim. Suka menaburi bedak, justru akan mendatangkan resiko pada kanker yang terjadi di sekitar organ intim.

 
4. Kesalahan dalam diet rendah lemak
Lemak potensial yang didapat dari berbagai jenis makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi akan meningkatkan produksi hormon estrogen, jika tubuh banyak menyimpan lemak akan mempengaruhi hormon estrogen semakin banyak dan berubah menjadi sel kanker akan menghantam badan rahim. Kanker tidak hanya dipicu oleh penyebab dari suatu virus, bakteri atau jamur, namun penyakit kanker kini timbul lebih cepat karena kesalahan dalam pola hidup, pola makan dan serta diet yang salah.

 
5. Kurangnya asupan vitamin dan zat gizi penting lainnya
Sumber vitamin dan komponen gizi lainnya mudah diperoleh dari berbagai jenis makanan, buah dan sayuran dll. Vitamin C merupakan vitamin yang sangat penting dalam kehidupan dan kebutuhan tubuh manusia dalam jangka panjang. Tubuh yang kekurangan vitamin C akan lebih rentan terserang penyakit. Vitamin C, asam folat dan beta karotein sangat baik untuk memperbaiki dan memperkuat mukosa dalam leher rahim.

Kanker Rahim Penyebabnya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*