Kanker Rahim Harus Dicegah !

Kanker Rahim Harus Dicegah !

Kanker RahimKanker rahim adalah tumor ganas yang terdapat pada endometrium (lapisan terdalam rahim, tempat menempelnya ovum yang telah dibuahi). Kanker rahim muncul dari kandungan atau rahim. Rahim terdiri dari 2 lapisan – lapisan rahim dan lapisan otot. Lapisan rahim juga dikenal sebagai endometrium. Ini terdiri dari banyak pembuluh darah dan melalui tahap peningkatan ketebalan sebelum tumpah sebagai menstruasi bulanan.

Jenis kanker rahim paling umum adalah mereka yang timbul dari endometrium yang dikenal sebagai karsinoma sedangkan mereka yang timbul dari otot dikenal sebagai sarkoma (jarang). Kanker jenis ini dapat mempengaruhi kemampuan reproduksi seorang wanita. Karena itu, tidak heran bila kanker ini merupakan salah satu jenis kanker yang paling ditakuti kaum wanita.

Penyebab kanker rahim belum diketahui secara pasti. Tetapi faktor utama yang dapat meningkatkan risiko kanker rahim adalah ketidakseimbangan hormon tubuh, terutama estrogen. Kadar hormon estrogen yang tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kanker rahim.

Kanker Rahim Harus Dicegah !

Berikut adalah gejala awal kanker rahim yang patut Anda waspadai:

Keputihan Yang Berlebih

Sebenarnya keputihan sangat normal terjadi, namun jika berlebihan atau keluar dalam jumlah yang banyak, maka Anda harus mulai memperhatikan lebih jauh lagi. Cermati apakah cairan yang keluar berubah menjadi sangat kental, berbau kurang sedap, dan berwarna kehijauan atau bahkan kecoklatan karena merupakan gejala kanker rahim.

Rasa Sakit Pada Daerah Kewanitaan

Rasa sakit ini akan muncul setelah virus HPV berkembang dan telah berhasil menyerang sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya pada daerah khusus kewanitaan, rasa sakit ini akan meluas ke area bagian bawah perut, persendian panggul, paha, dan ketika buang air besar.

Pendarahan

Pendarahan yang terjadi pada saat menstruasi adalah normal, namun jika pendarahan terjadi cukup sering, misalnya pada saat berhubungan, bahkan diiringi rasa sakit ketika buang air kecil, maka Anda harus segera melakukan check up ke dokter terdekat.

Pembengkakan Pada Kaki

Salah satu aktivitas virus HPV yang terlihat secara fisik adalah dengan terjadinya pembengkakan pada area seputar kaki.

Kelelahan

Rasa lelah memang merupakan suatu alarm bagi kita untuk beristirahat, namun apabila pada saat melakukan sedikit aktivitas, atau bahkan pada saat bersantai Anda merasa kelelahan, makan hal ini bisa saja merupakan tanda-tanda virus sudah mulai menggerogoti sistem kekebalan tubuh Anda. Demikian sekilas pembahasan mengenai penyakit kanker rahim dan gejalanya.

Bagaimana cara mencegah kanker rahim ?

Jaga Kebersihan Vagina

Vagina merupakan jalur masuk utama menuju rahim yang menghubungkan rahim dengan dunia luar. Kebersihan dan kesehatannya menjadi faktor paling penting menjaga kesehatan rahim. Membersihkan vagina tidak harus dengan cairan pembersih dan talk. Karena penggunaan yang berlebih justru tidak baik untuk kesehatannya.

Perbaiki Pola Hidup

Kesehatan tubuh yang dijaga semenjak dini sangat mempengaruhi kinerja organ vital tubuh seperti rahim. Kamu harus memperhatikan asupan makanan, olahraga teratur, istirahat cukup, dan hindari stress. Jauh-jauh dari nikotin, rokok, alcohol, apalagi narkoba

Awasi Penggunaan Hormon

Terkadang, ada terapi khusus yang mengharuskan seseorang mendapatkan injeksi hormon tambahan. Jika kamu mengalami hal ini, jangan ragu-ragu untuk konsultasi ke dokter dan mendiskusikan efek sampingnya.

Tidak Merokok

Cara mencegah kanker rahim dengan tidak merokok. Ini peringatan paling penting buat wanita perokok. Rokok mengakibatkan penyakit pada paru-paru dan jantung, kandungan nikotin dalam rokok pun bisa mengakibatkan kanker rahim. Nikotin akan mempermudah semua selaput lendir sel-sel tubuh bereaksi atau menjadi terangsang, baik pada mukosa tenggorokan, paru-paru, juga serviks. Sayangnya tak diketahui pasti seberapa banyak jumlah nikotin dikonsumsi yang bisa menyebabkan kanker rahim. Tapi, mengapa harus ambil risiko, lebih baik tinggalkan segera rokok jika kita ingin terbebas dari kanker.

Tidak Berganti – ganti Pasangan

Cara mencegah kanker rahim dengan tidak berganti – ganti pasangan. Bisa juga kanker rahim muncul pada wanita yang berganti-ganti pasangan seks. Bila berhubungan seks hanya dengan pasangannya, dan pasangannya pun tak melakukan hubungan seks dengan orang lain, maka tidak akan mengakibatkan kanker serviks. Bila berganti-ganti pasangan, hal ini terkait dengan kemungkinan tertularnya penyakit kelamin, salah satunya Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini akan mengubah sel-sel di permukaan mukosa hingga membelah menjadi lebih banyak. Nah, bila terlalu banyak dan tidak sesuai dengan kebutuhan, tentu akan menjadi kanker. Maka dari itu penting sekali mencegah kanker rahim sejak dini dengan beberapa cara diatas.

Kanker Rahim Harus Dicegah !

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*