Kanker Rahim Gejalanya

Kanker Rahim Gejalanya

 

Kanker rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Di Indonesia hanya 5 persen yang melakukan Penapisan Kanker Rahim, sehingga 76,6 persen pasien ketika terdeteksi sudah memasuki Stadium Lanjut (IIIB ke atas), karena Kanker Rahim biasanya tanpa gejala apapun pada stadium awalnya. Penapisan dapat dilakukan dengan melakukan tes Pap smear dan juga Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). Di negara berkembang, penggunaan secara luas program pengamatan leher rahim mengurangi insiden kanker leher rahim yang invasif sebesar 50% atau lebih. Kebanyakan penelitian menemukan bahwa infeksi human papillomavirus (HPV) bertanggung jawab untuk semua kasus kanker rahim. Perawatan termasuk operasi pada stadium awal, dan kemoterapi dan/atau radioterapi pada stadium akhir penyakit.

 

Gejala Kanker Rahim
Gejala paling umum yang ditunjukkan kanker rahim adalah pendarahan vagina yang tidak biasa, misalnya:
• Pendarahan setelah menopause pendarahan di antara masa haid
• Haid lebih berat dari biasanya (jika Anda belum pernah mengalami menopause)
• Keputihan berair atau berdarah.
Gejala yang kurang umum adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan di daerah panggul, atau nyeri saat berhubungan seks.
Kanker Rahim Gejalanya>>Jika Anda mengalami perdarahan vagina yang tidak biasa, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Kondisi lain juga dapat mempengaruhi rahim, seperti fibroid yang dapat menyebabkan pendarahan vagina yang tidak biasa. Pendarahan adalah salah satu tanda awal dari kanker rahim.

Kanker Rahim GejalanyaGejala kanker rahim stadium 2
Mengetahui Gejala kanker rahim stadium 2 memang harus kita ketahui, karena jika kita tidak mengetahui gejala kanker rahim stadium 2 akan membahayakan kehidupan anda, bahkan dapat menyebabkan kematian, saat ini kanker rahim adalah penyakit no.1 di Indonesia yang sangat di takuti oleh wanita Indonesia.
Kanker rahim stadium 2 merupakan sel kanker yang telah menyebar kebagian atas namun belum menyentuh dinding panggul, apa saja gejala kanker rahim stadium 2?? berikut ini adalah gejala kanker rahim stadium 2 .

Kanker Rahim Stadium 2
Kanker rahim stadium 2 begitu menunjukkan gejala yang khas, bahkan bisa gejala luarbiasa. Pada stadium lanjut, gejala kanker serviks, antara lain: perdarahan post coitus, keputihan abnormal, perdarahan sesudah mati haid (menopause) serta keluar cairan abnormal (kekuning-kuningan, berbau dan bercampur darah)
• Keputihan patogonis
• Sakit pada area kewanitaan
• Pendarahan
• Nyeri buang air kecil
• Timbul rasa sakit dan pendarahan saat berhubungan seks
• Penurunan nafsu makan
• Bengkak pada kaki
• Cepat Lelah
Kanker Rahim Stadium 3
Kanker rahim pada stadium 3 / III yaitu kanker telah menyebar keluar rahim, tetapi masih didalam rongga panggul dan belum menyerang kandung kemih maupun rektum. kelenjar getah bening mungkin mengandung sel-sel kanker.
Pada kanker rahim stadium 3 ini merupakan kanker yang tingkat dan gejalanya sudah semakin parah dan menjelang stadium akhir. Kanker rahim stadium 3 merupakan kelanjutan dari kanker stadium 2, dan kanker telah menyebar.

Menguak fakta dari beberapa gejala kanker rahim yang telah disebutkan dan dijelaskan dengan singkat di atas, sudahkah Anda memahami kondisi tubuh Anda? Atau apakah ada satu dari beberapa gejala di atas yang pernah atau sedang Anda alami akhir akhir ini?. Lakukan tindakam pencegahan penyakit kanker rahim dengan mengikuti tes pap disaat usia Anda mencukupi, tes ini akan membantu Anda mengenal lebih dalam mengenai kesehatan organ kewanitaan.

 

Kanker Rahim Gejalanya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*