Kanker Rahim Gejala

Kanker Rahim Gejala

 

Kanker Rahim -Mengenali dan mengetahui ciri ciri kanker rahim sejak dini sudah sepatutnya diketahui oleh para wanita. Pasalnya penyakit yang satu ini adalah salah satu jenis kanker yang sangat mematikan dan menjadi penyakit yang sudah sangat banyak merenggut nyawa para wanita. Pengetahuan masyarakat awam tentang penyakit ini masih sangat minim, karena kurangnya sosialisasi atau kurangnya kesadaran masyarakat untuk mencari informasi terkait dengan penyakit tersebut.

Kanker rahim atau kanker uterus adalah tumor ganas yang terdapat pada endometrium (lapisan terdalam rahim, tempat menempelnya ovum yang telah dibuahi). Kanker jenis ini dapat mempengaruhi kemampuan reproduksi seorang wanita. Karena itu, tidak heran bila kanker ini merupakan salah satu jenis kanker yang paling ditakuti kaum wanita. Jumlah penderita kanker rahim adalah sepertiga dari seluruh penyakit kanker yang berkembang di Indonesia. Tidak hanya itu, data dari WHO atau World Health Organization menyebutkan bahwa, ribuan wanita meninggal setiap tahunnya akibat menderita penyakit kanker rahim, sekaligus menjadi penyebab utama kematian wanita di dunia.

Bagi  Anda yang ingin terhindar dari penyakit kanker rahim , sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai gejala yang mungkin menjadi pertanda penyakit kanker yang satu ini. Salah satunya yang mungkin paling umum terjadi adalah perdarahan tidak normal yang keluar dari area kewanitaan. Bahkan darah bisa keluar berkali-kali dalam waktu sebulan atau lebih. Biasanya perdarahan ini juga terjadi di luar jadwal menstruasi Anda. Oleh karena itu membedakan dan mengetahuinya juga cukup mudah. Jika Anda megalami hal tersebut, berhati-hatilah dan segera periksakan kondisi kesehatan organ kewanitaan Anda ke dokter. Ciri ciri kanker rahim lainnya adalah timbulnya rasa nyeri di panggul ketika Anda sedang tidak mengalami menstruasi. Apalagi biasanya rasa nyeri ini bia terjadi kapanpun selama berjam-jam.

Kanker Rahim Gejala

Kanker Rahim Gejala

Rasa nyeri juga bisa dirasakan oleh penderita kanker rahim ketika sedang buang air kecil. Nah, pertanda tersebut adalah salah satu gejala stadim awal yang biasanya membuat kandung kemih terasa nyeri atau sakit saat buang air kecil. Jika terjadi demikian, bisa jadi penyakit kanker sudah semakin menyebar sampai ke bagian kandung kemih. Bahkan penderita pun tak jarang akan mengeluarkan cairan berlebih dari organ kewanitaan atau yang disebut dengan keputihan. Akan tetapi keputihan ini bisa terjadi secara berlebihan dan baunya sangat tidak sedap serta berlendir. Selain itu gejala yang paling terasa mungkin adalah ketika Anda melakukan hubungan badan dengan pasangan Anda. Terkadang akan terasa nyeri dan bahkan sampai terjadi perdarahan karena terjadi iritasi pada leher rahim. Namun demikian, beberapa gejala tadi sebenarnya bisa berbeda antara satu wanita dengan wanita yang lain. Namun sebagai langkah atau cara mencegah kanker rahim sejak dini, lebih baik segera konsultasikan masalah tersebut kepada dokter apabila Anda merasa mengalaminya.

Langkah terbaik yang bisa dilakukan agar tidak terserang kanker rahim adalah dengan melakukan langkah-langkah pencegahan berikut ini:

  • Jangan terlalu sering mencuci vagina dengan antiseptik.
  • Jangan menaburkan bedak pada vagina.
  • Jauhi rokok dan orang yang merokok.
  • Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak secara berlebihan.
  • Menghindari makanan yang mengandung karsinogen (zat pemicu kanker) seperti yang banyak mengandung pengawet.
  • Konsumsi makanan/minuman/buah yang mengandung betakaroten dan antioksidan.
  • Tidak melakukan hubungan seks di bawah usia 20 tahun.
  • Hubungan seks idealnya dilakukan ketika sel-sel mukosa sudah matang. Pada usia muda, sel”“sel mukosa umumnya belum matang sehingga rentan terhadap rangsangan dari luar, termasuk zat-zat kimia yang di bawa oleh sperma. Akibatnya, sel mukosa dapat berubah sifat menjadi kanker.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Memeriksakan diri ke dokter secara teratur.

 

Kanker Rahim Gejala

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*