Kanker Rahim Dan Miom

Kanker Rahim Dan Miom

 

Kanker Rahim – Miom adalah pertumbuhan di dalam atau di sekitar uterus (rahim) yang tidak bersifat kanker atau ganas. Miom dikenal juga dengan nama mioma, uteri fibroid, atau leiomioma. Miom berasal dari sel otot rahim yang mulai tumbuh secara abnormal. Pertumbuhan inilah yang akhirnya membentuk tumor jinak.

Sekitar 75 persen wanita pernah memiliki miom. Terkadang, kondisi ini tidak diketahui oleh sebagian wanita yang mengalami karena tidak muncul gejala. Jika ada, gejala yang mungkin muncul akibat miom adalah:

  • Masa menstruasi menyakitkan atau berlebih.
  • Rasa sakit atau nyeri pada bagian perut atau punggung bawah.
  • Rasa tidak nyaman, bahkan sakit, saat berhubungan seksual.
  • Sering buang air kecil.
  • Mengalami konstipasi.
  • Keguguran, mengalami kemandulan, atau bermasalah pada masa kehamilan (sangat jarang terjadi).

Kanker Rahim Dan MiomKanker rahim adalah tumor ganas pada lapisan rahim (endometrium).Kanker rahim dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh seperti indung telur, saluran telur dan sistem getah bening. Penyebab kanker rahim kebiasaan hidup yang kurang baik serta kurang memperhatikan kebersihan dan keseimbangan pH pada organ intimnya. Salah satu contoh terlalu sering mencuci vagina atau organ intim dengan menggunakan sabun antiseptik, keputihan yang tidak normal, jarang mengganti pembalut ketika sedang menstruasi, tidak langsung membersihkan organ intim ketika usai melakukan aktivitas seksual.

Gejala Kanker Rahim

Gejala paling umum yang ditunjukkan kanker rahim adalah pendarahan vagina yang tidak biasa, misalnya:

  • Pendarahan setelah menopause pendarahan di antara masa haid
  • Haid lebih berat dari biasanya (jika Anda belum pernah mengalami menopause)
  • Keputihan berair atau berdarah.
  • Gejala yang kurang umum adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan di daerah panggul, atau nyeri saat berhubungan seks.

Jika Anda mengalami perdarahan vagina yang tidak biasa, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Kondisi lain juga dapat mempengaruhi rahim, seperti fibroid yang dapat menyebabkan perdarahan vagina yang tidak biasa.Pendarahan adalah salah satu tanda awal dari penyakit kanker tersebut.

Kanker Rahim sangat lama bisa mencapai 10-20 tahun sehingga penderita sering kali tidak menyadari, karena virus HPV ini menjadi pra kanker yang berlangsung tanpa gejala.Itulah sebabnya para penderita kanker rahim sering tidak menyadari akan adanya bahaya kanker rahim. Biasanya, setelah melakukan pemeriksaan dan biopsi penderita baru akan merasakan adanya gejala lanjutan dari penyakit tersebut seperti mengalami pendarahan pada saat melakukan hubungan seksual, keluar darah yang kental dan berbau tidak sedap serta sakit pada bagian pinggul dan saat berhubungan seksual. Untuk itu, sebagai pencegahan kita dianjurkn untuk melakukan vaksinasi kanker rahim untuk melindungi diri dari bahaya kanker.

Yang lebih menakutkan adalah hasil sebuah survei yang dilakukan oleh lembaga peduli kanker, jumlah penderita kanker rahim adalah sepertiga dari seluruh penyakit kanker yang berkembang di Indonesia. Tidak hanya itu, data dari WHO atau World Health Organization menyebutkan bahwa, ribuan wanita meninggal setiap tahunnya akibat menderita penyakit kanker rahim, sekaligus menjadi penyebab utama kematian wanita di dunia.

Bila penyakit miom dibiarkan terus menerus, bisa menyebabkan gangguan kehamilan seperti kesulitan sperma untuk masuk membuahi telur, jika terjadi pembuahan maka kemungkinan besar terjadi gangguan pertumbuhan bayi seperti letak yang salah dan perkembangan bayi yang tidak sempurna. Selain itu, penyakit miom juga bisa menyebabkan bayi untuk sulit dilahirkan ketika saatnya lahir. Penyakit miom umum terjadi pada wanita diatas umur 30 tahun dan menimbulkan efek ganguan pada rahim yang serius. Oleh sebab itu, penyakit miom harus segera disembuhkan agar reproduksi kembali sehat dan pasien juga kembali merasa nyaman terbebas dari gangguan sakit yang berlebih.

Kanker rahim dan miom adalah sama-sama penyakit yang menyerang rahim wanita. Keduanya sama-sama berbahaya. Jadi apabila Anda merasakan salah satu gejala kanker rahim atau miom seperti yang dijelaskan diatas segeralah periksakan diri Anda agar segera mendapat penanganan yang tepat.

Kanker Rahim Dan Miom

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*