Kanker Rahim Dan Cara Mengatasinya

Kanker Rahim Dan Cara Mengatasinya

 

Kanker RahimKanker rahim adalah sejenis kanker yang penyebab utamanya adalah serangan dari virus HPV atau Human Papiloma Virus onkogenik yang menyerang area rahim.HPV sendiri adalah jenis virus dengan ukuran 55 mm dengan 100 tipe, yang menyerang bagian kulit, membuatnya infeksi, kemudian menyerang bagian sistem kekebalan tubuh. Dalam sebuah penelitian bahkan menyebutkan, bahwa infeksi dari virus HPV bertanggung jawab atas semua penyakit kanker rahim di dunia.

Penyebab kanker rahim secara pasti, sampai sekarang belum diketahui. Namun, para peneliti berhasil mengidentifikasi sejumlah faktor pemicu yang dipercaya menjadi penyebab tumbuhnya kanker ovarium di jaringan epitel. Keakuratannya bisa mencapai 85 – 90%. Namun, akurasi ini kurang tepat jika digunakan untuk kanker indung telur yang terjadi pada sel germinal dan sel stromal.

Meskipun Anda memiliki faktor-faktor yang beresiko terkena kanker ini, Anda jangan buru-buru khawatir karena hanya sedikit faktor tersebut yang berkembang menjadi kanker. Faktor penyebab kanker rahim pada wanita diakibatkan dari kesalahan kita sendiri. Kadang kita melakukan hal-hal yang seharusnya tidak perlu kita lakukan seperti sering menaburkan bedak ke daerah vagina, atau sering mencucinya dengan menggunakan antiseptik jika dilakukan sesering mungkin tanpa ada anjuran dari dokter akan dapat memicu timbulnya kanker rahim.

Kanker Rahim Dan Cara Mengatasinya

Tanda tanda kanker rahim:

  • Sering merasakan nyeri di bagian perut
  • Kehilangan selera makan dan selalu merasa kenyang
  • Sembelit
  • Mual dan muntah serta perut terasa kembung
  • Selalu merasa kelelahan
  • Terjadi penurunan atau kenaikan berat badan yang signifikan tanpa diketahui sebabnya
  • Nafas pendek-pendek
  • Selalu merasa ingin buang air kecil setiap saat
  • Ukuran perut semakin membesar
  • Terjadi perdarahan di vagina, sekalipun tidak sedang menstruasi
  • Sering sakit kepala

Tanda tanda kanker rahim baru muncul setelah kanker memasuki stadium lanjut. Awalnya keputihan tak gatal, tetapi berbau busuk, mungkin juga muncul perdarahan usai melakukan hubungan intim, anemia dan kemudian ketika kanker berlanjut memasuki stadium kronis tubuh akan mengalami penurunan kekuatan daya tahan tubuh, sehingga tubuh terlihat lebih kurus, lemah dan pucat.

Jika kanker masih stadium awal, kankernya saja yang dibuang atau dipertimbangkan seluruh rahim diangkat. Jika sudah stadium III dan IV, operasi sudah tak mungkin dilakukan lagi sebab kanker sudah menyebar ke mana-mana.

Selain cara mengatasi kanker rahim dengan medis, ada pula cara mengatasi kanker rahim secara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan herbal masih sering digunakan, namun tetap harus dengan pendampingan dan penanganan dari dokter. Berikut ini akan kami bahas mengenai beberapa tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi kanker rahim. Beberapa tanaman untuk mengatasi kanker rahim tersebut, yaitu :

  1. Benalu

Senyawa dalam benalu telah lama diperkirakan bekerja sebagai penghambat keganasan kanker. Benalu yang direbus menjadi teh terbukti dapat dipakai sebagai obat penunjang selama menjalani kemoterapi (terapi dengan mengonsumsi obat antikanker).

2. Buah Mengkudu

Mengkudu juga tengah populer sebagai tanaman untuk cara mengatasi kanker rahim. Daging buah mengkudu atau pace (Morinda citrifolia L.) mengandung dammacanthel, zat antikanker yang mampu melawan pertumbuhan sel abnormal pada stadium prakanker dan dapat mengatasi kanker rahim. Sari dari perasan dua atau tiga buah mengkudu dapat dibubuhi madu agar rasanya lebih nikmat. Sebaiknya pilihlah mengkudu yang tidak terlalu masak karena alkohol yang terbentuk akibat proses fermentasi pada mengkudu yang terlalu masak merusak zat-zat penting yang terkandung di dalamnya

3. Air perasan temulawak.

Air perasan temulawak juga mujarab untuk cara mengatasi kanker rahim. Menurut Andrew Chevallier Mnimh, herbalis asal London, dalam temulawak terkandung curcumol dan curdione yang berkhasiat antikanker dan antitumor. Di Cina, temulawak telah lama digunakan untuk mengatasi kanker rahim. Tanaman ini bisa meningkatkan efek mematikan sel kanker ketika dilakukan radioterapi dan kemoterapi.

 

Kanker Rahim Dan Cara Mengatasinya

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*