Kanker Rahim Ciri-Ciri

Kanker Rahim Ciri-Ciri

 

Kanker Rahim -Mengetahui penyebab dan mengenali ciri ciri kanker rahim sejak dini sudah sepatutnya diketahui oleh para wanita. Pasalnya penyakit yang satu ini adalah salah satu jenis kanker yang sangat mematikan dan menjadi penyakit yang sudah sangat banyak merenggut nyawa para wanita. Maka dari itu sudah seharusnya kanker rahim atau kanker serviks ini ditangani sejak dini supaya bisa mencegah dampak paling buruk yang bisa terjadi, yaitu kematian. WHO sendiri mencatat setiap tahunnya ada ribuan wanita meninggal akibat penyakit yang satu ini. Pengetahuan masyarakat awam tentang penyakit ini masih sangat minim, karena kurangnya sosialisasi atau kurangnya kesadaran masyarakat untuk mencari informasi terkait dengan penyakit tersebut.

Kanker Rahim Ciri-Ciri

Umumnya wanita yang terserang kanker rahim karena memiliki faktor risiko. Berdasarkan penelitian para ahli menyimpulkan bahwa faktor risiko timbulnya kanker pada rahim wanita sebagai berikut :

  1. Wanita berumur 50 tahun ke atas atau menopause setelah umur 50 tahun
  2. Wanita yang gemar mengkonsumsi makanan yang dapat memicu terjadinya perkembangan kanker atau makanan yang mengandung zat karsinogen tinggi dalam jangka waktu yang cukup lama. Makanan yang menimbulajn risiko pada kanker rahim adalah makanan yang mengandung bahan pengawet tinggi, bahan campuran kimia dan bahan-bahan kimia lainnya yang digunakan dalam beberapa campuran makanan.
  3. Wanita yang memiliki berat badan berlebih (obesitas)
  4. Wanita yang memiliki riwayat penyakit diabetes (kencing manis) atau tekanan darah tinggi (hipertensi)
  5. Wanita yang mengalami menstruasi pertama kali di usia 12 tahun
  6. Wanita yang tidak memiliki anak
  7. Wanita yang memiliki riwayat penyakit atau yang terkena penyakit ovarium polikista

Penyebab utama dari kanker rahim belum dapat diketahui secara pasti. Namun disinyalir penyebab utama dari kanker rahim adalah ketidak seimbagan antara hormon estrogen dan progesteron. Pada stadium awal, kanker hanya ditemukan muncul pada rahim wanita, tetapi pada stadium lanjut akan menyeba ke leher rahim, di dalam rongga panggul, bahkan ke kandung kemih atau rektum.

Ciri-Ciri Kanker Rahim

Ciri adanya kanker pada rahim agak sulit untuk dideteksi, terutama pada stadium awal, tetapi kanker yang memasuki stadium lanjut umumnya menimbulkan gejala atau ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak normal atua keluarnya darah menstruasi dalam jumlah banyak tiap kali mendapatkan menstruasi
  2. Terjadinya perdarahan di rhaim yang tidak normal seperti pendarahan di antara dua siklus menstruasi
  3. Terjadi pendarahan yang lama pada vagina, terutama pada wanita berusia lebih dari 40 tahun dan wanita menopause
  4. Sering timbul rasa nyeri di bagian perut bawah atau kram panggul
  5. Keluarnya cairan putih, encer dan jernih seperti cairan keputihan
  6. Sakit pada saat melakukan hubungan seksual
  7. Sakit pada saat buang air kecil

Selain cara mengatasi kanker rahim dengan medis, ada pula cara mengatasi kanker rahim secara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan herbal masih sering digunakan, namun tetap harus dengan pendampingan dan penanganan dari dokter. Berikut ini akan kami bahas mengenai beberapa tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi kanker rahim. Beberapa tanaman untuk mengatasi kanker rahim tersebut, yaitu :

1. Benalu

Senyawa dalam benalu telah lama diperkirakan bekerja sebagai penghambat keganasan kanker. Benalu yang direbus menjadi teh terbukti dapat dipakai sebagai obat penunjang selama menjalani kemoterapi (terapi dengan mengonsumsi obat antikanker).

2. Buah Mengkudu

Mengkudu juga tengah populer sebagai tanaman untuk cara mengatasi kanker. Daging buah mengkudu atau pace (Morinda citrifolia L.) mengandung dammacanthel, zat antikanker yang mampu melawan pertumbuhan sel abnormal pada stadium prakanker dan dapat mengatasi kanker rahim. Sari dari perasan dua atau tiga buah mengkudu dapat dibubuhi madu agar rasanya lebih nikmat. Sebaiknya pilihlah mengkudu yang tidak terlalu masak karena alkohol yang terbentuk akibat proses fermentasi pada mengkudu yang terlalu masak merusak zat-zat penting yang terkandung di dalamnya

3. Air perasan temulawak.

Air perasan temulawak juga mujarab untuk cara mengatasi kanker rahim. Menurut Andrew Chevallier Mnimh, herbalis asal London, dalam temulawak terkandung curcumol dan curdione yang berkhasiat antikanker dan antitumor. Di Cina, temulawak telah lama digunakan untuk mengatasi kanker rahim. Tanaman ini bisa meningkatkan efek mematikan sel kanker ketika dilakukan radioterapi dan kemoterapi.

Kanker Rahim Ciri-Ciri

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*