Kanker Rahim Apa Penyebabnya ?

Kanker Rahim Apa Penyebabnya ?

 

Kanker Rahim -Kanker rahim atau kanker uterus adalah tumor ganas yang terdapat pada endometrium (lapisan terdalam rahim, tempat menempelnya ovum yang telah dibuahi). Kanker jenis ini dapat mempengaruhi kemampuan reproduksi seorang wanita. Karena itu, tidak heran bila kanker ini merupakan salah satu jenis kanker yang paling ditakuti kaum wanita.

Kanker Rahim Apa Penyebabnya ?

Kanker Rahim Apa Penyebabnya ?

Apa penyebab kanker rahim?

Infeksi HPV

Human papilloma virus (HPV) merupakan penyebab utama dari kanker rahim. Ada lebih dari 100 jenis HPV. Setidaknya 40 jenis yang ditularkan melalui kontak seksual. Beberapa jenis virus yang menyebabkan kutil kelamin. Jenis-jenis HPV yang menyebabkan kutil biasanya tidak menyebabkan perubahan sel yang berkembang menjadi kanker. Setidaknya 15 jenis HPV dianggap berisiko tinggi menyebabkan kanker rahim, termasuk tipe 16 dan 18. 2 jenis virus ini meningkatkan resiko anda terkena kanker rahim sekitar 70%.

Kebanyakan wanita yang aktif dalam aktifitas seksual setidaknya aakn terkena satu jenis HPV selama hidupnya. Tetapi sebagian besar tidak menyababkan kanker rahim, virus ini akan hilang dengan sendirinya. Untuk itu penggunaan kondom pada saat berhubungan intim sangat diperlukan sekali untuk mengurangi resiko wanita terinfeksi HPV. Oleh karena itu vaksinasai sangat diperlukan untuk mencegah HPV yang dapat menyebabkan kanker rahim.

Infeksi dari penyakit seksual

Sebuah studi telah menunjukan bahwa herpes dan HPV dapat meningkatkan resiko terkena kanker rahim. Dan biasanya herpes dan HPV terjadia karena kurangnya perhatian akan kesehatan organ intim seperti sering bergonta ganti pasangan, dan kurang menjaga kebersihan vagina sehingga mengingkatkan resiko anda terkena kanker rahim.

Merokok

Merokok dapat mengembangkan sel penyebab kanker rahim yaitu sel skuamosa. Selain itu juga para peneliti telah menemukan bahan kimia benzyrene dari asap rokok pada lendir serviks wanita yang aktif merokok. Bahan kimia tersebut dapat merusak leher rahim. Dan juga dapat menggangu fungsi dari sel langerhans yaitu sel-sel pada lapisan serviks yang secara khusus membantu melawan penyakit. Sel-sel Langerhans kurang mampu melawan virus dan melindungi sel-sel serviks dari perubahan genetik yang dapat menyebabkan kanker.

Sistem kekebalan tubuh yang melemah

Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, maka perlu berhati-hati. Karena anda memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker rahim. Selain itu Orang dengan HIV dan AIDS (ODHA), atau orang yang memakai obat-obatan juga memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena kanker rahim.

Hal ini karena sistem kekebalan tubuh yang sehat biasanya melindungi Anda dari sel-sel yang telah menjadi abnormal. Sistem kekebalan tubuh Anda akan membunuh sel-sel dan mencegahnya menjadi kanker.

Pil KB

Kebanyakan wanita saat ini berpikir bahwa lebih baik meminum pil KB dari pada menggunakan kondom supaya lebih aktif dalam aktifitas seksual. Tapi sekarang sebenarnya itu malah meningkatkan resiko terkena kanker rahim. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa di antara wanita yang telah mengambil pil untuk setidaknya jangka 5 tahun, resikonya hampir dua kali lipat. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan risiko kanker rahim mulai turun segera setelah anda berhenti minum pil.

Kehidupan seks Anda

Perilaku seks yang kurang baik seperti melakukan seks saat masih remaja dan selalu bergonta-ganti pasangan dapat meningkatkan resiko anda terkena kanker rahim. Untuk itu mulailah prilaku seks yang sehat seperti menggunakan kondom, menghindari seks ketika masih muda, belajar bagaimana berbicara dengan pasangan tentang seks yang aman, dan mengurangi jumlah pasangan seksual. Prilaku seks yang sehat dapat membantu anda menurunkan risiko kanker rahim.

Paparan bahan kimia

Menurut penelitain yang dilakukan di Inggris sekitar 1% dari kasus kanker rahim yang menyerang wanita disebabkan oleh paparan bahan kimia.

Riwayat keluarga

Salah satu studi menunjukan bahwa wanita yang memiliki riwayat keluarga mengidap kanker rahim seperti ibu ataupun nenek lebih besar resikonya terkena kanker rahim.

 

Kanker Rahim Apa Penyebabnya ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*