Kanker Ovarium Adalah

Kanker Ovarium Adalah

Kanker Ovarium

Kanker Ovarium

Kanker Ovarium -Kesehatan reproduksi adalah hal yang tentu harus dilakukan oleh wanita. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, mulai dari rajin memeriksakan diri ke ginekolog hingga melakukan pap-smear. Namun seringkali wanita melupakan satu bagian yang paling penting, yaitu ovarium atau indung telur.

Kanker ovarium adalah penyakit reproduksi yang paling mematikan pada wanita. Lebih berbahaya lagi karena tak ada cara yang pasti untuk mencegah atau mengetahui jenis kanker ini lebih awal, seperti dilansir oleh Women’s Health Mag (09/09).Sebuah penelitian mengungkap bahwa 20.000 wanita akan mengalami kanker ovarium pada tahun 2014, dan 14.000 lainnya akan meninggal karena penyakit ini. Risiko terkena kanker ovarium juga lebih tinggi pada wanita yang memiliki mutasi gen BRCA. Meski begitu, yang paling menakutkan adalah bahwa kanker ovarium lebih sulit dideteksi dibandingkan kanker lainnya.

Saat ini, satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengawasi kesehatan ovarium adalah memeriksakan diri ke dokter. Dokter harus meraba dan melihat ke dalam ovarium untuk mengetahui adanya benjolan yang tumbuh. Ini bukan tes yang menyenangkan bagi wanita, dan akan terasa sangat tak nyaman. Namun ini satu-satunya tes yang bisa dilakukan.

Selain memeriksakan diri ke dokter, ada juga beberapa gejala kanker ovarium yang sebaiknya diwaspadai. Yaitu ketika Anda merasa bagian perut membengkak, bukan karena masuk angin atau terlalu banyak makan, dan terus membesar. Selain itu juga jika Anda merasa cepat kenyang dan merasa kesulitan buang air kecil atau buang air besar.

Jika gejala tersebut tetap ada selama dua sampai tiga minggu segera periksakan diri ke dokter. Gejala ini mirip dengan masalah pencernaan, ini jugalah yang membuat kanker ovarium menjadi lebih sulit dideteksi. Anda bisa menurunkan risiko dengan mengetahui kanker ovarium sejak dini. Salah satunya dengan mengetahui apakah Anda lebih berisiko dengan melakukan tes genetik atau mencari tahu jika ada anggota keluarga yang memiliki sejarah kanker ovarium.

MAKANAN PENCEGAH KANKER OVARIUM

Kanker ovarium merupakan salah satu bentuk kanker yang paling ditakuti oleh wanita. Selain itu jenis kanker ini terkenal memiliki tingkat ketahanan hidup yang rendah padahal kemunculannya sama sekali tidak terduga. Sehingga mencegah munculnya kanker ini pun lebih baik daripada mengobati.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya adalah dengan selalu mengonsumsi makanan sehat. Berikut adalah daftar makanan super sehat untuk menghindari risiko kanker ovarium.

  1. Jahe : Jahe telah lama dikenal sebagai makanan sehat yang bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan kanker. Salah satunya adalah kanker ovarium. Zat-zat alami di dalam jahe bermanfaat untuk mencegah bertumbuhnya sel kanker dan menyehatkan ovarium.
  2. Teh : Minum teh secara rutin mampu mengurangi risiko kanker ovarium lebih dari 50%. Sehingga minumlah dua cangkir teh sehari untuk mencegah penyakit mengerikan ini.
  3. Bayam : Bayam kaya akan seng, magnesium, dan kalium yang semuanya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah tumbuhnya kanker.
  4. Brokoli : Kandungan vitamin dan mineral di dalam brokoli mampu menjadikan brokoli sebagai salah satu dari 3 makanan tersehat di dunia serta bermanfaat untuk mencegah kanker.
  5. Telur : Vitamin D yang terkandung di dalam telur sangat penting untuk mencegah kanker ovarium.
  6. Mentimun : Mentimun adalah makanan super sehat yang mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Asam pantotenat yang ada di dalam mentimun juga bermanfaat untuk mencegah kanker.
  7. Wortel : Selain vitamin A, kandungan vitamin K, B6, kalium, dan serat makanan di dalam wortel sangat baik untuk mencegah kanker ovarium.
  8. Ubi jalar : Ubi jalar kaya akan karotenoid yang merupakan zat antioksidan kuat sehingga mampu mencegah penyakit kanker. Selain karotenoid, ubi jalar juga tinggi akan magnesium dan kalium yang berfungsi sama.
  9. Kacang-kacangan: Kacang kaya akan asam lemak omega yang membuatnya mampu mencegah datangnya kanker ovarium.

Kanker Ovarium Adalah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*