Kanker Leher Rahim Adalah

Kanker Leher Rahim Adalah

Kanker Leher Rahim – Leher rahim adalah bagian paling bawah dari rahim. Leher rahim merupakan ujung atau muara dari liang senggama atau vagina. Dapat dijelaskan juga bahwa leher rahim menghubungkan antara rahim dan vagina. Satu lagi momok menakutkan yang harus diwaspadai kaum wanita, kanker serviks (kanker leher rahim), dimana jenis kanker dengan insiden tinggi ini, merupakan penyebab kematian utama akibat kanker di Indonesia, dengan kemunculan sekitar 15.000 kasus per tahun. Kematian akibat kanker serviks diperkirakan terjadi pada satu orang di Indonesia setiap jam. Sedangkan, di seluruh dunia, ada satu orang yang meninggal setiap 2 menit akibat kanker serviks.

Kanker Leher Rahim Adalah

Infeksi Human papilloma virus (HPV) terutama merupakan penyebab munculnya kanker leher rahim. Perkembangan dan penularan virus ini dapat terjadi pada wanita yang sudah aktif secara seksual sejak usia 18 tahun.Resiko akan semakin meningkat pada mereka yang merokok dan hobi berganti-ganti pasangan seksual, terutama bagi mereka yang pernah berhubungan dengan pria pengidap HIV maupun kondiloma akuminata.

Untuk mencegah berkembangnya virus ini, vaksinasi dapat dilakukan pada wanita sejak menginjak usia 9 tahun. Dan, sejak usia 21 tahun, para wanita dianjurkan untuk melakukan deteksi dini secara berkala untuk memastikan keberadaan kanker serviks. Metode deteksi dini yang umumnya dilakukan adalah Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) atau dengan melakukan papsmear. Segera periksakan kondisi tubuh Anda jika Anda mengalami 3 gejala khas dari kanker serviks berupa perdarahan di luar masa haid (terutama setelah berhubungan intim), keputihan abnormal, dan rasa nyeri di sekitar pinggang, panggul, dan perut bawah.

Faktor Risiko Kanker Leher Rahim :

  • Menikah atau melakukan kontak seksual di usia yang sangat muda (usia < 18 tahun )
  • Melahirkan banyak anak
  • Berganti-ganti pasangan seksual
  • Merokok (aktif maupun pasif)
  • Riwayat menderita PMS ( Penyakit Menular Seksual )
  • Infeksi HPV
  • Mempunyai pasangan yang menderita : kanker serviks,kutil kelamin
  • Pasangan mempunyai patner seks sebelumnya yang menderita kanker serviks
  • Menderita infeksi yang lama di organ reproduksi
  • Mempunyai kekebalan tubuh yang rendah (karena obat-obatan, penyakit ex. AIDS)

Pengobatan Kanker Leher Rahim

Bila Anda divonis terkena kanker leher rahim, jangan takut, berikut beberapa pilihan terbaik pengobatan kanker leher rahim yang tersedia saat ini, secara medis maupun alternatif. Faktanya, kanker serviks bisa disembuhkan dengan pengobatan dan perawatan yang benar.Sampai saat ini, metode utama pengobatan kanker serviks konvensional, masih bertumpu pada metode operasi dan radioterapi. Pasien kanker serviks biasanya akan disodorkan pada pilihan operasi guna membersihkan lesi kanker dalam serviks.

Pada kasus-kasus tertentu, terutama pada kasus stadium lanjut, pengobatan akan dilanjutkan dengan radioterapi guna memastikan bahwa tidak ada sel kanker yang tersisa dalam tubuh. Efek samping yang dapat timbul pasca menjalani metode-metode tersebut, bisa jadi berupa resiko infeksi, gangguan fungsi buang air kecil akibat infeksi kandung kemih, dll. Tentu saja, proses pemulihan pada pasien kanker serviks yang menjalani metode pengobatan konvensional ini akan lebih panjang.

Kanker Leher Rahim Adalah

Beruntung bagi mereka yang dapat mencicipi teknologi terbaru pengobatan kanker leher rahim berupa cyrosurgial therapy dan penanaman radiopartikel, dimana bentuk terapi ini dirancang guna membasmi kanker tanpa mengorbankan kualitas hidup pasien. Sayangnya, biaya yang harus Anda persiapkan guna mendapatkan bentuk terapi ini relatif besar, tempatnya pun berada di luar negeri. Sekian info mengenai kanker leher rahim. Semoga dengan bertambahnya wawasan Anda,dapat meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap penyakit berbahaya ini.

Kanker Leher Rahim Adalah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*