Kanker Endometrium Seputar Penyakit Wanita

Kanker Endometrium Seputar Penyakit Wanita

Kanker endometrium adalah jaringan atau selaput lender rahim yang tumbuh di luar rahim. Padahal, seharusnya jaringan endometrium melapisi dinding rahim.

Kanker endometrium tumbuh pada ovarium, tuba falopii, dan saluran menuju vagina. Kanker ini bukan merupakan penyakit akibat hubungan seksual. Wanita muda maupun yang sudah tua dapat terkena penyakit ini. Walaupun pada umumnya yang terserang wanita yang sudah tua.

Tumbuhnya jaringan endometrium di luar rahim kemungkinan disebabkan oleh darah menstruasi masuk kembali ke tuba falopii dengan membawa jaringan dari lapisan dinding rahim sehingga jaringan tersebut menetap dan tumbuh di luar rahim. Kemungkinan lain adalah jaringan endometrium terbawa ke luar rahim melalui pembuluh darah atau kelenjar getah bening.

Kanker Endometrium Seputar Penyakit Wanita

Kanker Endometrium Seputar Penyakit Wanita

Kanker Endometrium– Endometrium adalah batas dinding rahim. Sedangkan rahim sendiri normalnya berbentuk buah pear, yang terletak di daerah pinggul wanita.

Bagian atas rahim disebut badan, sedangkan bagian bawah yang berbatasan dengan vagina disebut leher rahim atau serviks. Kanker Endometrium–  Lapisan terluar dinding rahim disebut miotremium, yang sangat tebal dan tersusun atas otot yang kuat. Otot-otot ini berkontraksi selama proses bersalin untuk membantu mengeluarkan bayi.

Bagian endometrium lebih halus dan berpori. Setiap bulan, endometrium berubah sebagai bagian dari siklus menstruasi. Kanker Endometrium-  Pada awal siklus, indung telur/ovarium mengeluarkan hormon estrogen yang menyebabkan penebalan endometrium.

Kanker Endometrium–  Pada pertengahan siklus, indung telur berhenti mengeluarkan estrogen dan mulai memproduksi hormon lain, yaitu progesteron. Progesteron mempersiapkan bagian dalam endometrium untuk mempertahankan embrio sehingga terjadi kehamilan.

Jika proses penempelan embrio tidak terjadi, maka kadar progesteron akan menurun drastis. Bagian dalam endometrium inilah yang luruh menjadi darah menstruasi.

Kanker Endometrium- Kanker dinding rahim terjadi ketika sel-sel dinding rahim mengalami perubahan dan mulai tumbuh tidak terkontrol ketika sel-sel tersebut tumbuh dan bertambah banyak, maka terbentuklah benjolan yang disebut tumor.

Kanker Endometrium- Kanker berbahaya karena mengambil alih sel-sel sehat dengan mengambil tempatnya dan mengambil asupan oksigen serta nutrisi yang diperlukan untuk menjalankan fungsi sel-sel sehat. Tidak semua tumor bersifat kanker, tetapi kanker bersifat ganas, dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Kanker Endometrium- Kanker dapat menyusup ke organ sekitarnya dan kelenjar getah bening, bahkan sel-sel ganas tersebut dapat masuk melalui aliran darah dan menyebar ke tulang, atau bagian tubuh yang jauh, seperti paru-paru. Proses ini disebut metastatis.

Kanker Endometrium- Kanker dinding rahim utamanya merupakan penyakit pada wanita dengan sosio-ekonomi tinggi, kegemukan, pascamenopause dengan jumlah anak sedikit (paritas rendah), dan dapat juga dialami oleh wanita dengan usia lebih muda.

Beberapa faktor risiko timbulnya kanker endometrium adalah sebagai berikut :

  • Wanita yang memiliki riwayat keluarga terkena kanker endometrium.
  • Wanita di atas 50 tahun atau menopause.
  • Wanita tidak memiliki anak atau tidak menikah.
  • Wanita pengguna preparat estrogen, seperti terapi sulih hormon pada wanita menjelang menopause.

Gejala kanker endometrium

Beberapa gejala kanker endometrium adalah sebagai berikut :

  • Rasa sakit pada saat menstruasi.
  • Rasa sakit yang parah dan terus menerus pada perut bagian bawah, rasa sakit ini akan bertambah pada saat berhubungan seks.
  • Sakit punggung pada bagian bawah.
  • Sulit buang air besar atau diare.
  • Keluar darah pada saat buang air kecil dan terasa sakit.
  • Keputihan bercampur darah dan nanah.
  • Terjadi pendarahan abnormal pada rahim.

Pembagian stadium kanker lapisan endometrium

Kanker Endometrium- Apabila hasil diagnosa telah jelas membuktikan terdapat kanker, dokter butuh memahami keadaan penyakit lebih dalam supaya dapat menentukan cara pengobatan yang paling tepat. Faktor yang menentukan stadium termasuk apakah tumor menginvasi ke organ di sekitar; apakah kanker sudah mulai meluas; apabila telah meluas, sudah meluas sampai bagian mana.

Pembagian stadium kanker lapisan endometrium termasuk :

  • Stadium 0 : hanya sebatas pembesaran kelenjar tumor, juga disebut sebagai titik awal kanker.
  • Stadium I : kanker hanya sebatas rahim.
  • Stadium II : kanker telah menginvasi ke serviks.
  • Stadium III : kanker telah meluas sampai ke luar rahim (termasuk vagina), tapi belom melebihi tulang panggul.
  • Stadium IV : kanker melebihi tulang panggul atau dengan jelas menginvasi ke kandung kemih atau selaput dubur.

 

Kanker Endometrium Seputar Penyakit Wanita

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*