Kanker Dinding Rahim

Kanker Dinding Rahim

 

Rahim merupakan bagian penting dalam sistem reproduksi wanita. Salah satu penyakit yang dapat menyerang organ ini adalah Kanker Dinding Rahim. Jenis kanker ini juga sering disebut kanker endometrium karena umumnya muncul dengan menyerang sel-sel yang membentuk dinding rahim atau istilah medisnya endometrium.

 

Kanker Dinding Rahim

Kanker Dinding Rahim ini juga dapat menyerang otot-otot di sekitar rahim sehingga membentuk sarkoma uteri. Tetapi jenis penyakit ini sangat jarang terjadi.

 

Gejala Kanker Dinding Rahim yang biasa dialami penderita adalah pendarahan vagina. Walau tidak semua pendarahan abnormal disebabkan oleh Kanker Dinding Rahim, tapi Anda tetap perlu waspada dan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Terutama jika Anda:

  • Sudah menopause, tapi tetap mengalami pendarahan.
  • Belum menopause, tapi mengalami pendarahan di luar siklus menstruasi.

Penderita Kanker Dinding Rahim di Indonesia

Kanker Rahim menduduki peringkat keenam dunia dalam daftar kanker yang paling sering terjadi pada wanita. Penyakit ini diperkirakan sudah menyerang sekitar 320.000 wanita pada tahun 2012.

Di Indonesia sendiri, Kanker Rahim tidak termasuk ke dalam sepuluh besar kanker yang menyerang wanita. Pada tahun 2002, terhitung ada sekitar 17,500 wanita di Indonesia yang menderita Kanker Rahim.

Faktor Pemicu Kanker Dinding Rahim

Penyebab Kanker Dinding Rahim belum diketahui secara pasti. Tetapi faktor utama yang dapat meningkatkan risiko Kanker Rahim adalah ketidakseimbangan hormon tubuh, terutama estrogen. Kadar hormon estrogen yang tinggi dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena Kanker Rahim.

Beberapa faktor lain yang dapat menimbulkan hormon yang tidak seimbang adalah:

  • Menopause yang terlambat.
  • Terapi penggantian hormon.
  • Penggunaan tamoksifen jangka panjang.

Karena penyebabnya yang belum diketahui, langkah pencegahan yang pasti untuk Kanker Dinding Rahim juga tidak ada. Meski demikian, langkah-langkah untuk mengurangi risikonya tetap ada. Misalnya:

  • Menjaga berat badan yang sehat.
  • Memperbanyak konsumsi kedelai.
  • Penggunaan jangka panjang untuk jenis kontrasepsi tertentu, misalnya pil KB kombinasi.

Pengobatan Untuk Kanker Dinding Rahim

Pilihan dalam pengobatan Kanker Dinding Rahim sangat bergantung pada tahap perkembangan penyakit tersebut serta status kesehatan pasien. Tetapi langkah yang umumnya dianjurkan adalah operasi pengangkatan rahim, atau istilah medisnya histerektomi.

Langkah penanganan untuk melenyapkan sel-sel kanker serta mencegah penyebarannya juga mungkin akan Anda jalani. Langkah-langkah ini meliputi radioterapi, kemoterapi, serta terapi hormon.

Mengetahui penyebab dan mengenali ciri ciri Kanker Dinding Rahim sejak dini sudah sepatutnya diketahui oleh para wanita. Pasalnya penyakit yang satu ini adalah salah satu jenis kanker yang sangat mematikan dan menjadi penyakit yang sudah sangat banyak merenggut nyawa para wanita. Maka dari itu sudah seharusnya Kanker Rahim atau kanker serviks ini ditangani sejak dini supaya bisa mencegah dampak paling buruk yang bisa terjadi, yaitu kematian. WHO sendiri mencatat setiap tahunnya ada ribuan wanita meninggal akibat penyakit yang satu ini. Pengetahuan masyarakat awam tentang penyakit ini masih sangat minim, karena kurangnya sosialisasi atau kurangnya kesadaran masyarakat untuk mencari informasi terkait dengan penyakit tersebut. Nah, pada artikel kali ini kami akan menyampaikan informasi mengenai apa penyebab penyakit ini, apa saja ciri ciri Kanker Rahim dan bagaimana cara mencegah Kanker Rahim. So, semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi Anda yang belum sepenuhnya paham mengenai apa itu kanker leher rahim atau kanker serviks ini.

Penyebab Penyakit Kanker Dinding Rahim Secara Umum

Sebelum mengetahui apa saja gejala atau ciri penyakit kanker rahim, Anda perlu tahu dulu apa saja hal atau fakor yang bisa mengakibatkan timbulnya kanker di mulut rahim ini. Sesuai dengan namanya, kanker rahim tentu saja menyerang dan menggerogoti kesehatan wanita terutama pada bagian organ kewanitaannya. Tepatnya di bagian leher rahim yang terletak diantara kemaluan wanita dan rahimnya. Nah, kanker yang satu ini secara umum disebabkan oleh infeksi virus yang masuk dari luar. Virus tersebut bernama Human Papilloma Virus (HPV) yang menginfeksi organ kewanitaan. Ada banyak sekali cara penularan atau perpindahan virus ini dari satu tempat ke tampat lainnya sehingga bisa sampai menginfeksi seseorang.

Beberapa diantaranya adalah bisa menular melalui cairan, melalui sentuhan kulit atau bahkan melalui media lain yang sudah digunakan oleh wanita yang terjangkit virus HPV. Contohnya adalah kamar mandi atau WC umum. Jika tempat tersebut tidak dibersihkan secara benar dan bersih, maka besar kemungkinan tempat tersebut bia menjadi tempat bersarangnya HPV yang akan siap menyerang siapapun wanita yang menggunakan WC tersebut. Maka dari itu hendaknya Anda lebih waspada dan selalu mencari WC yang bersih saat berada di tempat-tempat umum.

 

 

Kanker Dinding Rahim

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*