Indikasi Kanker Serviks

Indikasi Kanker Serviks

Indikasi Kanker Serviks

Kanker serviks masih menjadi salah satu penyebab kematian utama wanita. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, setiap dua menit seorang perempuan meninggal dunia akibat penyakit yang disebabkan infeksi Human Papilloma Virus (HPV) ini.

Di Indonesia, angka kasus kanker serviks juga cukup tinggi. Setiap hari tak kurang 40 orang wanita di Indonesia terdiagnosa penyakit ini. Tak pelak Kementerian Kesehatan menempatkan kanker serviks sebagai penyakit ‘pembunuh’ wanita nomor satu di negeri ini.

Banyak hal yang bisa menjadi faktor penyebab kanker serviks tersebut, jika Anda didiagnosa oleh dokter mungkin Anda bisa mengetahui apa saja indikasi kanker serviks yang mungkin terjadi pada Anda, antara lain:

 

  1. Flek atau pendarahan di luar jadwal menstruasi

Bercak darah atau pendarahan biasanya ringan, ini merupakan indikasi kanker serviks awal yang perlu dicurigai. Memang tidak semua pendarahan di luar jadwal menstruasi disebabkan oleh kanker serviks. Indikasi kanker serviks ini juga bisa terjadi ketika seorang wanita mengalami stress, kondisi kurang fit, menggunakan kontrasepsi, gejala keguguran, dan lain-lain. Namun sebagai langkah kehati-hatian maka kita harus menyikapi pendarahan ini sebagai kecurigaan kita terhadap indikasi kanker serviks apalagi disertai dengan gejala lainnya seperti dijelaskan di bawah ini.

 

  1. Menstruasi lebih panjang dari biasanya

Jika biasanya durasi haid selama 5-7 hari, namun pada seorang wanita yang dicurigai adanya masalah pada rahim maka menstruasi bisa lebih panjang. Misalnya saja adanya tumor atau keganasan, termasuk kanker mulut rahim (serviks), dan juga gangguan pembekuan darah. Darah menstruasi juga akan keluar lebih banyak dari biasanya menandakan adanya perubahan pada lapisan rahim dan bisa jadi ini menjadi indikasi kanker serviks. Maka periksakanlah ke dokter untuk mencari penyebab pastinya.

 

  1. Mudah terjadi pendarahan

Indikasi Kanker ServiksKetika mulut rahim atau serviks mengalami suatu perubahan menjadi ganas, maka jaringan tersebut menjadi rapuh dan mudah berdarah. Oleh sebab itu sentuhan yang biasanya tidak menimbulkan perdarahan pada orang normal, bisa terjadi pendarahan pada kanker serviks. Sentuhan yang dimaksud bisa berupa berhubungan seksual, douching, atau pemeriksaan panggul dengan memasukkan alat ke jalan lahir.

 

  1. Nyeri selama berhubungan seksual

Jaringan serviks yang mengalami keganasan juga lebih sensitif karena proses peradangan dan kematian sel (nekrosis). Oleh sebab itu indikasi kanker serviks yang dialami akan mudah terasa nyeri ketika tersentuh.

 

  1. Nyeri di sekitar panggul

Indikasi kanker serviks ini sering tak terduga, hampir sama dengan alasan di atas. Rasa tak nyaman dan nyeri di sekitar panggul terjadi akibat proses peradangan pada leher rahim.

 

  1. Keputihan yang tidak biasa

Maksud dari keputihan disini yaitu keluarnya cairan selain darah yang keluar dari jalan lahir. Cairan yang dimaksud bisa berupa lendir-lendir atau bercampur nanah, atau bahkan darah kotor.

 

  1. Kehilangan nafsu makan

Hampir pada semua jenis kanker, membuat penderitanya tidak nafsu makan. Hal ini lantaran zat-zat toksin yang dihasilkan oleh sel-sel kanker, atau bahkan efek samping dari kemoterapi. Jadi ini bukanlah indikasi kanker serviks yang khas.

 

  1. Berat badan turun drastis tanpa sebab yang jelas

Tidak hanya sebagai indikasi kanker serviks. Chahexia atau badan kurus karena kanker juga bisa terjadi pada penyakit kanker apa saja. Jadi ini merupakan ciri umum kanker, bukan indikasi kanker serviks yang khusus.

 

  1. Kelelahan

Rasa kelelahan yang berlebihan dan juga lemah terjadi karena kekurangan darah akibat pendarahan seperti dijelaskan sebelumnya. Namun juga bisa terjadi akibat zat-zat beracun yang dihasilkan oleh sel kanker.

 

  1. Sakit punggung

Bisa terjadi akibat kanker yang sudah menyebar pada tulang punggung. Jadi pasien akan merasakan nyeri punggung tanpa alasan yang jelas, misalnya akibat cedera atau angkat beban.

 

  1. Nyeri kaki atau bengkak pada kaki

Ketika kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening yang ada pada lipat paha, maka terjadilah pembengkakan pada kaki. Indikasi kanker serviks ini terjadi akibat terhambatnya aliran limfatik (getah bening). Kaki bengkak juga bisa terjadi akibat gagal ginjal.

 

  1. Mudah mengalami patah tulang

Indikasi kanker serviks yang tak terduga ini terjadi akibat penjalaran kanker ke tulang. Tulang yang terkena kanker akan lebih rapuh dan mudah patah meskipun terkena benturan ringan.

 

 

Indikasi Kanker Serviks

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*