Gejala Kanker Rahim Secara Umum

Gejala Kanker Rahim Secara Umum

Gejala Kanker Rahim -Kanker rahim biasa disebut dengan kanker endometrium, karena kebanyakan menyerang sel-sel pembentuk dinding rahim atau endometrium. Selain itu, kanker jenis ini juga bisa menyerang otot-otot di area rahim, sehingga membentuk sarkoma uteri. Penyakit kanker rahim, biasanya dimulai dengan gejala perdarahan vagina. Meski demikian, harus dipastikan apakah perdarahan tersebut benar-benar gejala kanker atau bukan, karena ada banyak perdarahan abnormal yang ternyata bukan kanker rahim.

Untuk penyebab secara pastinya belum diketahui, namun ketidakseimbangan hormon tubuh, terutama estrogen dapat meningkatkan resiko untuk mengidap penyakit kanker rahim ini. Dan dibawah ini adalah beberapa faktor yang dapat menimbulkan hormon yang tidak seimbang. Diantaranya:

  • Menopause yang terlambat.
  • Terapi penggantian hormon.
  • Penggunaan tamoksifen jangka panjang.
Gejala Kanker Rahim Secara Umum

Gejala Kanker Rahim Secara Umum

Gejala Kanker Rahim

Gejala kanker rahim yang harus Anda waspadai :

  • Terjadi pendarahan banormal pada vagina gejala kanker rahim
  • Mengalami pendarahan diluar siklus menstruasi gejala kanker rahim
  • Sudah menopause, tapi tetap mengalami pendarahan
  • Kelelahan gejala kanker rahim
  • Keputihan berair atau berdarah gejala kanker rahim
  • Terasa nyeri pada area panggul gejala kanker rahim
  • Terjadi keputihan yang abnormal dengan aroma yang tidak sedap
  • Terasa nyeri dan keluar darah ketika berhubungan badan
  • Mengalami gangguan pencernaan gejala kanker rahim
  • Terjadi peningkatan atau kesulitan untuk berkemih gejala kanker rahim

Apabila penderita sudah lanjut usia atau 40 tahun keatas, selain gejala kanker rahim diatas biasanya disertai dengan anemia ataupun penurunan berat badan yang sangat drastis. Anda harus mewaspadi gejala kanker rahim tersebut. Bisa juga gejala kanker rahim rahim mengindikasikan pada penyakit lainnya.

Tips Mencegah Kanker Rahim

Tidak Merokok

Ini peringatan paling penting buat wanita perokok. Rokok mengakibatkan penyakit pada paru-paru dan jantung, kandungan nikotin dalam rokok pun bisa mengakibatkan kanker rahim. Nikotin akan mempermudah semua selaput lendir sel-sel tubuh bereaksi atau menjadi terangsang, baik pada mukosa tenggorokan, paru-paru, juga serviks. Sayangnya tak diketahui pasti seberapa banyak jumlah nikotin dikonsumsi yang bisa menyebabkan kanker rahim. Tapi, mengapa harus ambil risiko, lebih baik tinggalkan segera rokok jika kita ingin terbebas dari kanker.

Merubah gaya hidup yang buruk

Gaya hidup sehat jelas dapat menghindari berbagai serangan penyakit seperti kanker. Caranya bisa dengan memakan makanan yang sehat serta olahraga secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadab beberapa penyakit. Faktor nutrisi juga dapat mengatasi masalah kanker mulut rahim. Penelitian mendapatkan hubungan yang terbalik antara konsumsi sayuran berwarna hijau tua dan kuning (banyak mengandung beta karoten atau vitamin A, vitamin C dan vitamin E) dengan kejadian kanker serviks. Artinya semakin banyak makan sayuran berwarna hijau tua dan kuning, maka akan semakin kecil risiko untuk kena penyakit kanker mulut rahim.

Melakukan Diet Rendah lemak

Makanlah makanan yang sehat dan segar. Jangan lupa untuk menjaga berat badan ideal agar tak terlalu gemuk. Tak heran, bila penderita kanker rahim banyak terdapat di kota-kota besar negara maju. Sebab, umumnya mereka menganut pola makan tinggi lemak.

Tidak Berganti – ganti Pasangan

Bisa juga kanker rahim muncul pada wanita yang berganti-ganti pasangan seks. Bila berhubungan seks hanya dengan pasangannya, dan pasangannya pun tak melakukan hubungan seks dengan orang lain, maka tidak akan mengakibatkan kanker serviks. Bila berganti-ganti pasangan, hal ini terkait dengan kemungkinan tertularnya penyakit kelamin, salah satunya Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini akan mengubah sel-sel di permukaan mukosa hingga membelah menjadi lebih banyak. Nah, bila terlalu banyak dan tidak sesuai dengan kebutuhan, tentu akan menjadi kanker. Maka dari itu penting sekali mencegah kanker rahim sejak dini dengan beberapa cara diatas.

Jangan Sampai Terlambat Menikah

Sebaliknya wanita tidak terlambat menikah karena akan meningkatkan risiko terkena kanker ovarium dan kanker endometrium, dan juga kanker rahim. Sebab wanita yang terlambat menikah akan terus-menerus mengalami ovulasi tanpa jeda. Jadi, rangsangan terhadap endometriumpun akan terjadi terus-menerus. Akibatnya bisa membuat sel-sel di endometrium berubah sifat jadi kanker.

Menjauhi Berhubungan Seks Pada Usia Dini

Hubungan seks idealnya dilakukan setelah seorang wanita benar-benar matang. Ukuran kematangan bukan hanya dilihat dari ia sudah menstruasi atau belum. Tapi juga bergantung pada kematangan sel-sel mukosa yang terdapat diselaput kulit bagian dalam rongga tubuh. Umumnya sel-sel mukosa baru matang setelah wanita tersebut berusia 20 tahun ke atas. Jadi, seorang wanita yang menjalin hubungan seks pada usia remaja paling rawan bila dilakukan di bawah usia 16 tahun.

Gejala Kanker Rahim Secara Umum

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*