Gejala Kanker Rahim Pada Wanita

Gejala Kanker Rahim Pada Wanita

Gejala Kanker Rahim -Para wanita wajib mengetahui Gejala Kanker Rahim karena siapapun bisa saja mengidapnya. Memang beberapa sumber menyebutkan bahwa kelompok usia yang beresiko mengalami kanker serviks adalah wanita dalam usia menopause, namun pada kenyataannya wanita yang masih sangat mudapun banyak yang mengidap kanker ini. Hal ini mungkin dikarenakan gaya hidup dan lingkungan yang mendukung berkembangnya sel kanker ini sehingga pada akhirnya wanita manapun dapat beresiko mengidap kanker yang sangat mengerikan ini.

Gejala Kanker Rahim Pada Wanita

Gejala Kanker Rahim Pada Wanita

GEJALA KANKER RAHIM DALAM

Gejala kanker rahim baru akan jelas terlihat ketika sudah naik tingkat menjadi stadium dua. Pada tahap ini, gejala kanker rahim yang banyak ditemui pada pasien yang terjangkit kanker rahim ialah, siklus menstruasi yang tidak berjalan dengan normal. Pada umumnya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 7 – 10 hari dan itupun dengan jumlah bulir darah yang normal. Gejala kanker rahim yang lainnya ialah area kewanitaan sering mengeluarkan darah meski tidak sedang menstruasi, sering timbul rasa sakit pada bagian perut atau panggul, atau juga rasa sakit yang dikeluhkan ketika sedang bersama pasangan.

Dan biasanya setelah ciri-ciri tersebut muncul, maka akan muncul pula gejala- gejala kanker rahim lainnya seperti keluarnya darah ketika berhubungan badan, dan juga rasa sakit yang luar biasa. Hal ini dikarenakan area pria menyentuh bagian rahim yang ditumbuhi kanker. Dan gejala kanker rahim yang lainnya ialah keluarnya cairan berwarna bening dengan aroma yang tidak sedap. Berikut lebih lengkapnya :

Keputihan Abnormal

Gejala kanker rahim -Tahu nggak keputihan abnormal yang kami maksud di sini? Keputihan abnormal yang kami maksud disini adalah keputihan yang berlebihan dan sering diikuti oleh adanya darah. Ada juga penderita yang mengeluhkan ciri-ciri kanker rahim, karena mereka mengalami keputihan yang berbau tak sedap, tebal dan sangat berlendir. Jika anda mengalami keputihan seperti ini, tolong segera periksakan diri ke dokter kandungan terdekat.

Menstruasi Abnormal

Wanita yang memiliki kanker rahim biasanya akan mengalami menstruasi yang berlebihan. Darah yang keluar akan diperparah oleh keberadaan kanker ini. Dalam sebulan bisa jadi pendarahan ini sulit anda kontrol.

Pendarahan diluar Menstruasi

Pendarahan ini terjadi diluar saat anda sedang menstruasi, seperti: saat berhubungan intim selalu merasakan sakit dan bahkan sering disertai dengan pendarahan, saat berolahraga atau melakukan aktifitas berat tiba-tiba keluar darah padahal tidak sedang menstruasi dan bahkan jika sudah parah saat hanya melakukan aktifitas ringan pun darah bisa keluar.

Nyeri Buang Air Kecil

Gejala kanker rahim -Merasa kesakitan saat buang air kecil akan dirasakan oleh seorang wanita dengan kanker rahim stadium lanjut. Hal ini terjadi dikarenakan kankernya sudah menyebar ke kandung kemih dan saluran kemihnya. Kalo sudah begini itu tandanya kewaspadaan anda mesti di tingkatkan ke tingkat gawat darurat.

GEJALA KANKER RAHIM LUAR

Nyeri Panggul

Gejala kanker rahim -Nyeri panggul disini bukan nyeri panggul saat menstruasi, karena nyeri panggul seperti ini dikatakan normal. Nah kalo nyeri panggulnya terjadi diluar saat anda sedang mens dan terjadi selama berjam-jam, itu yang baru anda perlu waspadai. Rasa sakit ini bisa berupa nyeri yang ringan, tajam atau bahkan sangat parah.

Pembengkakan Paha

Gejala kanker rahim -Saat perempuan mengalami stadium lanjut, mereka akan merasakan sakit pada bagian paha dan mungkin akan terjadi pembengkakan pada salah satu pahanya.

Langkah terbaik yang bisa dilakukan agar tidak terserang kanker rahim adalah dengan melakukan langkah-langkah pencegahan berikut ini:

  1. Jangan terlalu sering mencuci vagina dengan antiseptik.
  2. Jangan menaburkan bedak pada vagina.
  3. Jauhi rokok dan orang yang merokok.
  4. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak secara berlebihan.
  5. Menghindari makanan yang mengandung karsinogen (zat pemicu kanker) seperti yang banyak mengandung pengawet.
  6. Konsumsi makanan/minuman/buah yang mengandung betakaroten dan antioksidan.
  7. Tidak melakukan hubungan seks di bawah usia 20 tahun.
  8. Hubungan seks idealnya dilakukan ketika sel-sel mukosa sudah matang. Pada usia muda, sel”“sel mukosa umumnya belum matang sehingga rentan terhadap rangsangan dari luar, termasuk zat-zat kimia yang di bawa oleh sperma. Akibatnya, sel mukosa dapat berubah sifat menjadi kanker.
  9. Berolahraga secara teratur.
  10. Memeriksakan diri ke dokter secara teratur.

Gejala Kanker Rahim Pada Wanita

Jika Anda merasakan gejala kanker rahim seperti yang disebutkan diatas segeralah cek ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga iformasi mengenai gejala kanker rahim diatas dapat bermanfaat.

Gejala Kanker Rahim Pada Wanita

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*