Gejala Kanker Rahim

Gejala Kanker Rahim

Gejala Kanker Rahim

Kanker rahim merupakan kanker yang ditemukan tepat di lapisan atau dinding pada rahim seorang wanita. Kanker ini memiliki kedudukan yang hampir sama besarnya dengan kanker payudara, yakni menyerang wanita dan berisiko besar menyebabkan kematian. Pada umumnya kanker ini dikelompokkan menjadi 2 jenis, yakni endometrium dan ulterian. Endometrium merupakan jenis yang paling banyak ditemukan.

Untuk menyikapi dan memahami tentang penyakit kanker rahim ini, setidaknya Anda harus mengetahui beberapa Gejala Kanker Rahim sehingga Anda bisa lebih cepat mengambil sikap bila suatu saat nanti Anda menemukan salah satu atau beberapa Gejala Kanker Rahim yang diyakini sebagai penyakit berbahaya ini menyerang Anda.

 

Gejala Kanker Rahim

Ada beberapa Gejala Kanker Rahim yang harus Anda ketahui, diantaranya :

  • Penurunan berat badan.

Anda tidak sedang menjalani program diet, nafsu makan juga baik-baik saja, lantas mengapa secara tiba-tiba berat badan turun drastis. Penurunan berat badan yang terjadi tanpa direncanakan bisa jadi adalah sebuah Gejala Kanker Rahim jika tubuh Anda sedang tidak berada dalam kondisi baik.

  • Kembung

Kembung yang terasa sampai ke panggul bukanlah hal yang patut untuk dibiarkan saja, segera kunjungi dokter dan lakukan pemeriksaan. Bisa jadi itu adalah salah satu Gejala Kanker Rahim yang tidak Anda sadari.

  • Perubahan pada bentuk dada

Perubahan pada bentuk dada yang diiringi dengan perubahan kulit di sekitar dada yang menjadi kasar, dada yang memerah dan terdapat ruam juga termasuk dalam Gejala Kanker Rahim. Beberapa kasus kanker ini menyebabkan peradangan pada dada Anda.

  • Menstruasi yang tak normal

Merupakan Gejala Kanker Rahim yang patut di waspadai, perhatikan lebih teliti, apakah jadwal tamu bulanan Anda tidak teratur dan darah haid yang keluar juga tidak normal, hal ini bisa disebabkan oleh perkembangan sel kanker di rahim.

  • Perubahan warna kulit

Terjadi perubahan pada warna kulit ditandai dengan adanya tahi lalat aneh yang tiba-tiba muncul atau pendarahan tertentu di kulit harus di waspadai karena mungkin saja itu adalah salah satu dari Gejala Kanker Rahim yang tidak Anda ketahui.

 

Penyebab Kanker Rahim

Kanker ini bersifat sama dengan jenis kanker lainnya, yakni tidak cukup mudah untuk dikenali gejalanya. Anda harus ekstra waspada dan menaruh curiga disaat menemukan salah satu gejala kanker yang disebutkan di atas.

Penyebab kanker rahim cukup beragam, namun penyabab yang paling dominan ditemukan pada pasien kanker adalah infeksi HPV, obesitas, gaya hidup tak sehat. Kedua penyebab ini sudah mencakup beberapa komponen kehidupan, mereka yang gemar mengkonsumsi minuman manis, merokok, diabetes, dan malas berolahraga. Semua hal buruk tersebut berkumpul menjadi satu yang pada akhirnya menyebabkan seseorang terkena kanker.

 

Cara Mencegah Kanker Rahim

Gejala Kanker Rahim penting untuk dikenali sehingga pasien dapat segera ditangani oleh dokter ahli dan secara efektif risiko kematian bisa ditekan. Penanganan yang cepat dan tepat merupakan upaya penyembuhan dan penyelamatan yang harus dilakukan oleh dokter kepada pasien. Namun sebelum hal itu terjadi, lebih baik Anda melakukan tindakan pencegahan seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Atur pola makan. Karena makanan dan minuman yang manis dinilai dapat memicu pertumbuhan dan perkembangan sel kanker, maka sebagai individu yang mengetahui dengan bak fakta ini, sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi makanan maupun minuman yang manis. Coba lebih banyak makan buah dan sayuran atau lebih banyak mengkonsumsi makanan yang diolah sendiri di rumah daripada membelinya di luar.
  • Rajin berolahraga. Merupakan pangkal kesehatan, biasakan diri untuk berolahraga meskipun hanya beberapa gerakan ringan
  • Rutin melakukan pemeriksaan. Merupakan bagian dari pencegahan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker di rahim.
  • Dan waspadai gejala yang timbul. Anda patut curiga jika Anda menemukan atau mendapati gejala kanker rahim seperti yang dijelaskan di atas.

 

Gejala Kanker Rahim

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*