Gejala Kanker Leher Rahim

Gejala Kanker Leher Rahim

Gejala Kanker Leher Rahim –Kanker Leher Rahim atau Kanker serviks menyerang serviks atau leher rahim yaitu bagian peralihan rahim ke liang vagina. Penyakit ini disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik yang menyerang leher rahim. Jenis kanker ini menempati posisi pertama yang menyerang kaum wanita di Indonesia. Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda tentang cara menghindari kanker serviks dengan mengenali apa saja yang menjadi faktor pemicu timbulnya kanker serviks dan apa saja gejala- gejala kanker leher rahim.

Gejala Kanker Leher Rahim

Gejala Kanker Leher Rahim

Pada stadium awal penderita kanker leher rahim sulit ditemukan gejalanya. Penderita kanker serviks pada awal terinfeksi virus layaknya seperti perempuan normal. Adapun pemeriksaan secara medis dengan bantuan tes pap smear dapat mendeteksi secara dini adanya gejala awal kanker serviks. Test pap smear dapat dilakukan pada usia 21 tahun dan selanjutnya dilakukan secara berkala setiap tiga tahun sekali. Pada usia 30 akan dilakukan test pap smear dan juga tes HPV secara terus menerus hingga usia 65 tahun.

Adapun gejala kanker leher rahim lainnya yang mengarah pada terinfeksinya virus HPV adalah sebagai berikut:

  1. Sakit pada area kewanitaan

Gejala kanker leher rahim yaitu terasa sakit pada area kewanitaan. Rasa sakit yang menyerang area kewanitaan disebabkan karena human papiloma virus (HPV) telah berkembang dan mengganggu imunitas tubuh sehingga berakibat perut bagian bawah sakit, muncul sakit pada paha, sakit pada persendiaan panggul saat menstruasi, sakit ketika buang air besar dan sakit ketika berhubungan badan.

  1. Bengkak pada kaki

Gejala kanker leher rahim yaitu kaki menjadi bengkak. Ketika anda mengalami kaki bengkak tanpa sebab , mungkin ini serangkaian tanda virus penyebab kanker serviks menyerang tubuh anda.

  1. Keputihan patogonis

Gejala kanker leher rahim yaitu keputihan yang tidak wajar . Keputihan (flour albus) yaitu keluarnya cairan selain darah dari kewanitaan dalam jumlah banyak . Meskipuun tidak semua keputihan berbahaya akan tetapi jika anda mengalami keputihan dengan ciri-ciri berikut , anda harus waspada : Keluarnya cairan dalam jumlah banyak, Cairan berubah menjadi kental, Berbau tidak sedap, Berwarna tidak normal (kekuning-kuningan, kehijauan, kecoklatan), Timbul rasa panas dan gatal pada area kewanitaan keputihan dengan ciri-ciri perlu perhatian serius, konsultasikan dengan dokter spesialis obygn.

  1. Cepat Merasa Lelah

Gejala kanker leher rahim yaitu cepat merasa lelah. Kelelahan yang menandakan anda terjangkit HPV adalah kelelahan tanpa sebab yang menyerang waktu bersantai anda.

5.Terjadi Pendarahan

Gejala kanker leher rahim yaitu terjadinya pendarahan. Kebanyakan wanita menanggap bahwa pendarahan yang terjadi karena siklus menstruasi yang tidak normal, akan tetapi perlu diwaspadai jika darah yang kelaur dari area kewanitaan anda sering dan berlangsung rutin maka harus memeriksakan segera pada dokter. Timbul rasa sakit dan pendarahan saat berhubungan seks. Sering menggonta-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual beresiko tinggi mengakibatkan kanker serviks. Ketika berhubungan intim sering sakit dan mengeluarkan darah disebabkan adanya infeksi pada leher rahim yang parah.

  1. Menurunnya nafsu makan

Gejala kanker leher rahim yaitu Anda merasa tidak nafsu makan. Penurunan nafsu makan menyebakan imunitas menurun sehingga rawan terjadi stress, cemas berlebih, dan menggangu energi. Selain itu, ini merupakan tanda awal terjadinya gejala kanker serviks.

  1. Nyeri buang air kecil

Gejala kanker leher rahim yaitu nyeri saat buang air kecil . sKantung kemih yang terinfeksi dengan virus akan mengakibatkan penderita mengalami rasa sakit buang air kecil ini merupakan gejala awal kanker serviks memasuki stadium lanjut.

Gejala Kanker Leher Rahim

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*