Faktor Penyebab Kanker Serviks

Faktor Penyebab Kanker Serviks

Faktor Penyebab Kanker Serviks

Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks. Tapi, penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

Kanker serviks dimulai ketika sel-sel yang sehat mengalami mutasi genetik atau perubahan pada DNA. Mutasi genetik ini kemudian mengubah sel normal menjadi sel abnormal. Sel yang sehat akan tumbuh dan berkembang biak pada kecepatan tertentu, sedangkan sel kanker tumbuh dan berkembang biak tanpa terkendali. Berikut di bawah ini ada beberapa faktor penyebab kanker serviks yang harus Anda ketahui agar bisa mencegahnya sebelum tekena risiko, antara lain:

 

 

  1. Human Papillomavirus (HPV)

Faktor penyebab kanker serviks yang utama adalah infeksi dari virus HPV. HPV merupakan virus yang menjadi faktor penyebab kanker serviks utama yang mematikan di dunia, tercatat lebih dari 99 % kasus kanker serviks terjadi setelah terinfeksi virus HPV. HPV sebenarnya adalah kumpulan dari berbagai virus, bukan virus tunggal setidaknya jenisnya terdiri dari lebih 100 jenis virus.

Jika di tarik lagi, faktor penyebab kanker serviks yang paling umum terjadi adalah virus HPV 16 dan HPV 18, setidaknya ditemukan di 2/3 kasus kanker serviks. Virus HPV tipe lainnya mungkin dapat menyebabkan infeksi pada kulit kelamin seperti tumbuhnya kutil, namun ini tidak berbahaya bagi manusia.

 

  1. Banyaknya pasangan seks

Faktor penyebab kanker serviks kedua adalah banyaknya pasangan yang memungkinkan Anda terinfeksi risiko tertular HPV. Punya banyak pasangan seks akan menjadi salah satu penyebab utama terkena kanker serviks, infeksi virus HPV akan semakin tinggi menyasar diri Anda. Setia pada pasangan dan mendekatkan diri dengan agama dan Tuhan sedikit banyak akan membantu Anda mengurangi risiko tersebut.

 

  1. Kebiasaan merokok

Faktor Penyebab Kanker ServiksWanita perokok dua kali lipat lebih rentan terkena kanker serviks dibandingkan dengan non perokok, zat yang terdapat pada rokok merupakan pemicu utama kanker, terutama kanker paru paru. Apa kaitan merokok dengan kanker serviks? Riset telah menunjukkan bahwa zat tembakau terdapat pada lendir leher rahim perempuan yang merokok (perokok aktif). Periset juga percaya bahwa zat ini dapat membantu meningkatkan kerusakan sel DNA yang terdapat dalam leher rahim wanita sehingga dapat menyebabkan faktor penyebab kanker serviks tinggi.

 

  1. Hubungan seksual usia dini

Ada yang bilang bahwa faktor penyebab kanker serviks adalah menikah usia dini, pemahaman tersebut mungkin harus lebih dispesifikasikan menjadi hubungan seksual usia dini. Jika Anda pernah melakukan hubungan seksual pada usia yang masih muda (di bawah 17 tahun) dimana sel belum bertumbuh dengan sempurna, maka Anda memiliki resiko 2x lebih besar terserang kanker serviks.

 

  1. Penggunaan pil KB

Penggunaan jangka panjang pil KB akan berdampak pada kesehatan Anda, dari berbagai riset menunjukkan bahwa konsumsi pil KB lebih dari 5 tahun dapat menyebabkan resiko tinggi terkena kanker serviks. Dari riset yang dilakukan, risiko akan turun sendirinya setelah konsumsi pil KB dihentikan.

Untuk menekan risiko ini, pastikan bahwa Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan agar menjelaskan pil yang tidak berbahaya bagi rahim Anda. Penggunaan pil KB dalam jangka panjang akan berdampak pada beberapa faktor seperti kesehatan tubuh terutama pada leher rahim. Sebaiknya dicari alternatif yang lebih baik selain penggunaan pil KB agar terhindar jangka panjang dari kanker serviks.

 

  1. Riwayat keluarga

Riwayat keluarga juga menentukan tingginya faktor penyebab kanker serviks, ibu, dan saudara perempuan termasuk dalam kategori tersebut. Setidaknya risiko meningkat 2x lipat di bandingkan dengan yang tidak memiliki riwayat keluarga. Mengapa bisa ? hal ini dikarenakan biasanya dalam riwayat keluarga terdapat sistem imun yang sama, daya tahan tubuh serta faktor terinfeksi yang sama.

Walaupun banyak jenis kanker yang tidak berkorelasi langsung dengan kanker, namun ada beberapa yang sangat berhubungan. Hal yang mempengaruhi adalah sistem imun tubuh dan sel yang di bawa oleh faktor keturunan tersebut.

 

  1. Kemiskinan & pengetahuan mengenai kanker serviks

Mengapa kemiskinan menjadi salah satu faktor penyebab kanker serviks? setidaknya penelitian yang dilakukan di Inggris menyebutkan bahwa 1% dari berbagai kasus kanker ini disebabkan oleh ketidakmampuan dalam melakukan tes pap smear, yang menyebabkan lambat ditangani sehingga telah berdampak serius. Selain itu pengetahuan mengenai prosedur pencegahan kanker serviks serta cara deteksi dini mengenai seluk beluknya menjadi penyebab tersendiri banyaknya kematian akibat baru diketahui setelah mencapai stadium lanjut.

 

 

Faktor penyebab kanker serviks yang paling utama adalah infeksi HPV,jadi anda harus mengupayakan menghindari virus ini sebisa mungkin. Untuk menghindari terlampat penanganan, ada baiknya anda melakukan tes pap smear secara rutin untuk mengetahui sel di leher rahim Anda.

 

 

Faktor Penyebab Kanker Serviks

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*