Faktor Penyebab Kanker Rahim

Faktor Penyebab Kanker Rahim

Faktor Penyebab Kanker Rahim

Kanker rahim adalah sel kanker tumbuh di rahim yang menyerang sistem reproduksi wanita. Istilah medis untuk kanker rahim adalah endometrium. Sesuai dengan namanya, kanker rahim muncul dengan menyerang sel-sel yang membentuk dinding rahim. Penyakit ini banyak menyerang wanita dan apabila tidak segera ditangani dengan benar dan cepat dapat mengakibatkan kematian, untuk itu mengetahui Faktor Penyebab Kanker Rahim dapat mencegah terjadinya kanker yang mematikan ini, berikut beberapa Faktor Penyebab Kanker Rahim :

 

  1. Human Papiloma Virus (Hpv)

Ini adalah yang paling penting dari semuaFaktor Penyebab Kanker Rahim Faktor Penyebab Kanker Rahim, Dokter percaya bahwa sebelum seorang wanita terkena kanker rahim, dia pasti telah terinfeksi oleh HPV. Beberapa jenis HPV ini diklasifikasikan sebagai “berisiko tinggi” karena mereka adalah pe Faktor Penyebab Kanker Rahim. Jenis termasuk HPV 6, HPV 18, HPV 31, HPV 35 dan HPV 45 dan banyak lainnya. Sekitar dua pertiga dari semua jenis kanker rahim disebabkan oleh HPV 16-18.

 

  1. Merokok

Faktor Penyebab Kanker Rahim selanjutnya yaitu wanita yang merokok cenderung lebih mudah untuk mendapatkan kanker rahim dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok. Merokok dapat menyebabkan kanker yang mempengaruhi tidak hanya paru-paru, tetapi bagian lain dari tubuh. Pertama adalah paru paru, menyerap zat-zat berbahaya dan kemudian mentransfernya ke dalam aliran darah ke seluruh tubuh. Zat tembakau telah ditemukan dalam lendir leher rahim perempuan yang merokok. Zat ini merusak DNA dari sel-sel leher rahim dan dapat menyebabkan perkembangan kanker rahim.

 

  1. Imunosupresi

Human immunodeficiency virus (HIV) adalah virus yang menyebabkan AIDS. Virus ini merusak sistem kekebalan tubuh sepenuhnya dan membuat perempuan menjadi lebih berisiko terinfeksi HPV. Ini adalah salah satu Faktor Penyebab Kanker Rahim pada wanita dengan AIDS. Sistem kekebalan tubuh sangat penting dalam menghancurkan sel-sel kanker, dan memperlambat pertumbuhan dan penyebaran. Sebuah rahim pra-kanker adalah mungkin untuk berkembang menjadi kanker invasif lebih cepat pada perempuan dengan HIV.

 

  1. Chlamydia Infeksi

Faktor Penyebab Kanker Rahim yang satu ini adalah bakteri yang sangat umum yang dapat menginfeksi sistem reproduksi. Penyebaran terutama melalui kontak seksual yang tidak menggunakan alat kontrasepsi. Chlamydia paling sering menjangkiti kaum wanita yang berusia muda, namun penyakit ini bisa menjangkiti baik pria maupun wanita pada segala usia. Penyakit ini bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius jika tidak segera ditangani dengan tuntas.

 

  1. Diet Rendah Karotenoid dan Defisiensi Asam Folat

Faktor Penyebab Kanker RahimBanyak sayur dan buah yang mengandung bahan-bahan antioksidan dan berkhasiat mencegah kanker. Dari beberapa penelitian ternyata defisiensi terhadap asam folat, vitamin C, E, beta karotin/retinol berhubungan dengan peningkatan Faktor Penyebab Kanker Rahim.

 

  1. Penggunaan Pil KB

Penggunaan pil KB yang tidak sesuai dengan aturan, dan tidak diimbangi dengan memberikan nutrisi seimbang kepada tubuh akan meningkatkan Faktor Penyebab Kanker Rahim. Terlebih jika kurang bisa menjaga kebersihan organ kewanitaan. Pada suhu yang lembab, virus, jamur, dan bakteri sangat mudah berkembang dan menyebar. Infeksi dalam jangka waktu yang lama dapat memicu terjadinya kanker.

 

  1. Kehamilan

Wanita yang melahirkan banyak anak dengan rentan waktu yang terlalu dekat memiliki peningkatan Faktor Penyebab Kanker Rahim. Hal ini mungkin karena beberapa wanita mungkin telah terkena tindakan seksual yang tidak aman yang telah terkena sehingga mereka dengan mudah ter infeksi HPV. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh dari wanita hamil yang lemah, yang memungkinkan untuk terinfeksi HPV / pertumbuhan kanker.

 

 

 

Faktor Penyebab Kanker Rahim

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*