Ciri Kanker Rahim Stadium Awal

Ciri Kanker Rahim Stadium Awal
Ciri Kanker Rahim Stadium Awal

Rahim sebagai bagian organ reproduksi wanita sangat penting fungsinya dalam proses mendapatkan keturunan. Bila rahim mengalami masalah, maka seseorang menjadi sangat sulit untuk bisa hamil. Salah satu jenis penyakit yang belakangan ini sering menyerang rahim adalah kanker rahim, yang merupakan jenis kanker yang sering menyerang kaum wanita. Gejala kanker rahim memang sering dianggap sepele, apalagi jika masih dalam tahap gejala kanker rahim stadium 1 yang belum begitu dapat dirasakan. Kanker rahim stadium 1 yang merupakan stadium awal umumnya menunjukkan tanda-tanda kanker rahim yang mirip dengan gejala penyakit biasa yang mudah disembuhkan, sehingga ciri kanker rahim stadium awal perlu mendapat perhatian khusus agar dapat terdeteksi.

 

Ciri kanker rahim stadium awal biasanya dapat terlihat dari fungsi organ reproduksi yang semakin menurun dan gangguan kesehatan lainnya yang terjadi secara tiba-tiba. Umumnya penderita kanker rahim tidak dapat tertolong dan sulit disembuhkan karena gejala awalnya yang tidak dirasakan atau dianggap sepele. Padahal jika dapat diketahui secara dini penyakit ini dapat disembuhkan. Karena itu sebaiknya kita mengetahui ciri kanker rahim stadium awal berikut ini agar dapat segera memeriksakannya jika mengalami salah satu gejala tersebut :

 

  1. Keputihan Abnormal

Keputihan adalah kondisi yang normal dan wajar dialami oleh wanita, yang biasanya terjadi saat baru menyelesaikan masa menstruasi. Keputihan tersebut berwarna jernih, tidak banyak, encer, tidak berwarna dan tidak berbau. Sementara jika mengalami keputihan yang terus menerus dengan karakter yang berbau, berwarna coklat hingga kehijauan, kental dan sangat banyak bisa jadi menandakan adanya kanker rahim.

  1. Pendarahan Vagina

Keluarnya darah dari vagina saat siklus haid datang adalah hal yang normal terjadi, namun jika darah keluar selain di waktu haid dan darah yang keluar sangat banyak, artinya ada yang tidak beres dengan kondisi rahim. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi rahim dan bila ditemukan kanker rahim harus segera diobati hingga tuntas.

 

  1. Menstruasi yang Lama

Selain keluarnya darah di luar masa haid, ciri kanker rahim stadium awal meliputi siklus haid yang terjadi sangat lama di luar kewajaran. Normalnya haid berlangsung selama seminggu, namun jika terjadi lebih dari dua minggu dengan darah yang keluar sangat banyak, kemungkinan telah tumbuh sel kanker pada rahim.

 

  1. Sakit saat Berhubungan Seksual

Sakit saat berhubungan badan bisa saja wajar terjadi dalam kondisi tertentu, namun jika hal ini sering terjadi apalagi disertai keluarnya darah maka kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan. Jika memang menandakan adanya kanker rahim, maka rasa sakit tersebut semakin lama akan semakin parah sehingga dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga.

 

  1. Nyeri saat Buang Air Kecil

Nyeri saat buang air kecil identik dengan adanya gangguan pada saluran kemih seperti terjadi infeksi, namun adakalanya nyeri tersebut terjadi akibat adanya kanker rahim. Jika memang nyeri tersebut dikarenakan infeksi, maka setelah meminum obat penyakit tersebut akan sembuh, namun jika tidak kunjung sembuh dan justru bertambah parah kemungkinan besar sel kanker telah menyebar ke kandung kemih.

 

  1. Nyeri pada Panggul

Selain munculnya rasa nyeri pada saat buang air kecil, kanker rahim juga sering menyebabkan panggul terasa sakit, mudah mengalami nyeri dan terasa sangat pegal. Jika ini terjadi, sebaiknya segera cari pengobatan terbaik agar gejala cepat mereda dan kanker bisa segera diobati sedini mungkin.

 

  1. Daya Tahan Tubuh Menurun

Adanya sel kanker pada rahim membuat nutrisi yang semestinya untuk tubuh justru diserap oleh sel kanker untuk mendukung perkembangannya. Hal ini membuat tubuh mengalami defisiensi nutrisi dan menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah. Akibatnya tubuh rentan mengalami penyakit dan sel kanker terus tumbuh semakin besar.

 

  1. Nyeri pada Kaki

Aktivitas sel kanker di rahim yang terus berkembang dan bertambah besar sering menyebabkan area panggul membengkak hingga menyebabkan aliran darah dari kaki menjadi tersumbat. Akibatnya cairan dari kaki akan terjebak sehingga membuat kaki menjadi bengkak dan terasa nyeri.

 

  1. Sakit Punggung

Munculnya rasa sakit punggung yang terus semakin parah hingga menghambat aktivitas juga menjadi salah satu ciri kanker rahim stadium awal. Sel kanker yang terus tumbuh akan menekan saraf yang ada di punggung bahkan ikut merusak jaringan sehat di sekitar punggung sehingga kanker rahim terkadang dapat menyebabkan sakit pada punggung.

 

  1. Mual dan Muntah

Kanker rahim yang berdekatan dengan organ pencernaan sering menyebabkan ciri kanker rahim stadium awal rasa mual hingga muntah, sehingga jika kondisi tersebut terus terjadi tanpa penyebab yang jelas perlu diwaspadai dan segera diperiksakan ke dokter. Sel kanker yang menyerang lambung akan merusak jaringan organ tersebut sehingga tidak mampu berfungsi normal.

 

  1. Kelelahan yang Tidak Wajar

Ciri kanker rahim stadium awal terakhir penderita kanker rahim seringkali merasakan kelelahan yang berlebihan atau bisa dibilang tidak wajar. Hal ini dikarenakan sel kanker rahim terus menggerogoti tubuh dan menyerap nutrisi dari tubuh sehingga tubuh menjadi sangat lemah, mudah lemas dan rentan kelelahan meski tidak beraktivitas berat.

 

Itulah ciri kanker rahim stadium awal yang perlu diketahui, agar cara mengobati kanker rahim dapat segera dilakukan untuk mencegah sel kanker bertambah besar. Dengan deteksi secara dini maka kanker dapat diobati hingga penderitanya bisa sembuh.

 

 

 

Ciri Kanker Rahim Stadium Awal

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*