Ciri Kanker Rahim , Apa Saja ?

Ciri Kanker Rahim , Apa Saja ?

Ciri Kanker Rahim -Kanker Rahim adalah sejenis kanker yang penyebab utamanya adalah serangan dari virus HPV atau Human Papiloma Virus onkogenik yang menyerang area rahim. HPV sendiri adalah jenis virus dengan ukuran 55 mm dengan 100 tipe, yang menyerang bagian kulit, membuatnya infeksi, kemudian menyerang bagian sistem kekebalan tubuh. Dalam sebuah penelitian bahkan menyebutkan, bahwa infeksi dari virus HPV bertanggung jawab atas semua penyakit kanker rahim di dunia.

CIRI KANKER RAHIM

Sementara untuk mencegah penyakit ini menjangkiti tubuh Anda, sebaiknya Anda menyimak beberapa ciri- ciri kanker rahim berikut:

  1. Keputihan yang abnormal
Ciri Kanker Rahim

Ciri Kanker Rahim

Keputihan adalah hal yang sangat wajar terjadi pada wanita. Keputihan ini merupakan keluarnya cairan dari dalam vagina yang berbentuk lendir bening, tidak menimbulkan rasa gatal, dan tidak berbau. Maka ketika salah satu syarat keputihan normal ini tidak terpenuhi, maka bisa jadi hal ini merupakan ciri kanker rahim.

  1. Pendarahan bahkan setelah masa menopause

Ciri kanker rahim yang kedua adalah adanya pendarahan dengan kuantitas yang sering. Pendarahan biasa terjadi pada wanita ketika menstruasi, namun ketika terjadi pendarahan ketika Anda tidak dalam jadwal haid, atau bahkan saat Anda sudah menopause, Anda patut melakukan pemeriksaan lebih lanjut sesegera mungkin.

  1. Peningkatan frekuensi kencing

Bila Anda sering buang air kecil, terutama jika Anda tidak hamil maka mungkin ada kemungkinan bahwa itu ciri kanker rahim.

  1. Kesulitan dalam buang air kecil
Ciri Kanker Rahim

Ciri Kanker Rahim

Ciri kanker rahim yaitu kesulitan buang air kecil. Ketika ada rasa sakit atau kesulitan saat buang air kecil, saatnya anda pergi kedokter dan check up. Ini mungkin juga merupakan gejala ISK (Infeksi Saluran Kemih) tetapi untuk memastikan, mencari info dari dokter untuk segera ditangani.

  1. Nyeri selama hubungan seksual

Bila Anda merasa sakit yang tidak diinginkan selama hubungan seksual,merupakan ciri kanker rahim.

  1. Gangguan Pencernaan

Ciri kanker rahim yaitu gangguan pencernaan. Ketika Anda mengalami sembelit kronis dan merasa benjolan bahkan rasa sakit saat anda buang air besar

  1. Kehilangan nafsu makan

Penurunan mendadak nafsu makan juga dapat menjadi ciri kanker rahim.

  1. Kelelahan

Bahkan ketika Anda beristirahat tapi Anda masih merasa stres dan merasa lelah sepanjang waktu, kemungkinan ini ciri kanker rahim.

PENCEGAHAN KANKER RAHIM

Berikut ini pencegahan Kanker rahim :

JAUHI ROKOK

Pencegahan kanker rahim dengan menjauhi rokok. Ini peringatan paling penting buat wanita perokok. Kecuali mengakibatkan penyakit pada paru-paru dan jantung, kandungan nikotin dalam rokok pun bisa mengakibatkan kanker serviks (leher rahim), lho. “Nikotin, kan, mempermudah semua selaput lendir sel-sel tubuh bereaksi atau menjadi terangsang, baik pada mukosa tenggorokan, paru-paru, juga serviks. ” Sayangnya tak diketahui pasti seberapa banyak jumlah nikotin dikonsumsi yang bisa menyebabkan kanker serviks. Tapi, mengapa harus ambil risiko, lebih baik tinggalkan segera rokok jika kita ingin terbebas dari kanker.

PENCUCIAN VAGINA

Pencegahan Kanker Rahim -Sering, kita melakukan pencucian vagina dengan obat-obatan antiseptik tertentu. Alasannya beragam, entah untuk “kosmetik” atau kesehatan. Padahal, kebiasaan mencuci vagina bisa menimbulkan kanker serviks, baik obat cuci vagina antiseptik maupun deodoran. “Douching atau cuci vagina menyebabkan iritasi di serviks. Nah, iritasi berlebihan dan terlalu sering akan merangsang terjadinya perubahan sel, yang akhirnya jadi kanker.” Jadi, sebaiknya pencucian vagina dengan bahan-bahan kimia tak dilakukan secara rutin. “Kecuali bila ada indikasi, misalnya, infeksi yang memang memerlukan pencucian dengan zat-zat kimia.Itu pun seharusnya atas saran dokter.”

JANGAN MENABURI TALK

Pencegahan Kanker Rahim -Yang kerap terjadi lagi, saat daerah vagina gatal atau merah-merah, kita menaburkan talk di sekitarnya. Walah, ternyata itu bahaya. Pemakaian talk pada vagina wanita usia subur bisa memicu terjadi kanker ovarium (indung telur). “Sebab di usia subur berarti sering ovulasi. Padahal bisa dipastikan saat ovulasi terjadi perlukaan di ovarium. Nah, bila partikel talk masuk akan menempel di atas luka tersebut. Akibatnya, kan, bisa merangsang bagian luka untuk berubah sifat jadi kanker.” Karena itu sangat tidak dianjurkan memberi talk di daerah vagina. Karena dikhawatirkan serbuk talk terserap masuk kedalam.Lama-lama akan bertumpuk dan mengendap menjadi benda asing yang bisa menyebabkan rangsangan sel menjadi kanker. (Hati-hati, perhatikan sejak dini anak/bayi perempuan kita, jangan sampai alat kelaminnya tertaburi talk..)

Ciri Kanker Rahim , Apa Saja ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*