Ciri Ciri Kanker Rahim Pada Wanita

Ciri Ciri Kanker Rahim Pada Wanita

 

Ciri Ciri Kanker Rahim – Kanker rahim menduduki peringkat keenam dunia dalam daftar kanker yang paling sering terjadi pada wanita. Penyakit ini diperkirakan sudah menyerang sekitar 320.000 wanita pada tahun 2012. Di Indonesia sendiri, kanker rahim tidak termasuk ke dalam sepuluh besar kanker yang menyerang wanita. Pada tahun 2002, terhitung ada sekitar 17,500 wanita di Indonesia yang menderita kanker rahim.

Kanker rahim merupakan penyakit yang berbahaya. Gejala yang paling umum terjadi dalam kanker rahim adalah pendarahan vagina. Diperkirakan sekitar 9 dari 10 penderita kanker rahim mengalami indikasi ini. Meski tidak semua pendarahan abnormal disebabkan oleh kanker rahim, tapi Anda tetap perlu untuk berwaspada dan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jika ini terjadi.

Ciri Ciri Kanker Rahim Pada Wanita

Ciri Ciri Kanker Rahim

Ciri ciri kanker rahim mungkin tidak menunjukkan kondisi yang berarti, dan hanya dikira sebagai kondisi kurang fit saja. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan masyarakat dalam mengenali penyakit kanker Rahim dan semua gejala yang ditimbulkan. Berikut ciri ciri kanker rahim :

1. Pendarahan abnormal pada vagina ciri ciri kanker rahim

Ini adalah gejala yang paling umum. Perempuan harus menyadari menstruasi mereka, pendarahan setelah hubungan seksual, bercak di antara periode menstruasi. Sebuah perdarahan vagina yang abnormal dan tiba-tiba tanpa alasan. Kondisi ini anda harus segera periksa kesehatan ke klinik terdekat agar mengobati kanker rahim tidak terlambat lagi.

2. Nyeri panggul

Nyeri panggul tidak berhubungan dengan kondisi lain, menstruasi, atau aktivitas fisik bisa menjadi ciri ciri kanker rahim.

3. Keputihan ciri ciri kanker rahim

Ketika Anda mengamati bahwa Anda memiliki keputihan yang tidak biasa dan sering, mungkin menjadi salah satu gejala kanker. Ini merupakan gejala umum yang berkaitan dengan kondisi perempuan. Bila Anda sering buang air kecil, terutama jika Anda tidak hamil maka mungkin ada kemungkinan bahwa Anda memiliki kanker serviks.

4. Kesulitan dalam buang air kecil ciri ciri kanker rahim

Ketika ada rasa sakit atau kesulitan saat buang air kecil, saatnya anda pergi kedokter dan check up. Ini mungkin juga merupakan gejala ISK (Infeksi Saluran Kemih) tetapi untuk memastikan, mencari info dari dokter untuk segera ditangani.

5. Nyeri selama hubungan seksual

Bila Anda merasa sakit yang tidak diinginkan selama hubungan seksual, Anda mungkin menderita kanker rahim.

6. Gangguan Pencernaan

Ketika Anda mengalami sembelit kronis dan merasa benjolan bahkan rasa sakit saat anda buang air besar patut diwaspadai karena merupakan ciri ciri kanker rahim.

7. Kehilangan nafsu makan ciri ciri kanker rahim

penurunan mendadak nafsu makan juga dapat menjadi ciri ciri kanker rahim.

8. Kelelahan ciri ciri kanker rahim

Bahkan ketika Anda beristirahat tapi Anda masih merasa stres dan merasa lelah sepanjang waktu, kemungkinan ini tanda dari kanker rahim.

Sayuran atau tanaman yang bisa mencegah kanker rahim diantaranya adalah :

Brokoli dan bunga kol

Brokoli dan bunga kol mengandung Vitamin B yang mampu mencegah kanker serviks. Selain itu kedua sayuran ini juga mempunyai kandungan folat yang mampu menurunkan pertumbuhan sel kanker serviks. Kandungan glucoraphanin, indole-3-carbinal ,senyawa antioksidan yang merupakan senyawa anti kanker. Tidak saja pada kanker serviks akan tetapi kanker prostat, kanker payudara.

Tomat

Kandungan Lycopene, carotenoid pigment pada tomat dapat mengurangi resiko kanker termasuk kanker rahim atau kanker serviks. Penelitian mengenai tomat mampu memerangi kanker serviks yang di lakukan oleh Harvad School of Public Health menguatkan pernyataan ini.

Wortel

Wortel termasuk kedalam salah satu sayuran yang bisa mencegah kanker rahim karena menurut penelitian, wortel mampu memperkuat imunitas tubuh dari serangan virus, termasuk virus penyebab kanker serviks. Selain itu juga wortel melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kubis

Kubis atau kol mengandung fitonutrien dan vitamin A,C dan K. Kubis juga mengandung lupeol, sinigrin, DIM, I3C, sulforaphae yang di percaya dapat menghambat perkembangan sel kanker, termasuk kanker serviks.

Ciri Ciri Kanker Rahim Pada Wanita

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*