Ciri-Ciri Kanker Rahim

Ciri-Ciri Kanker Rahim

Ciri-Ciri Kanker Rahim

Sebagian dari kita masih kerap bingung dalam membedakan kanker rahim dan kanker serviks di mana keduanya malah dikira adalah hal yang sama. Padahal kanker rahim memiliki nama lain yaitu kanker uterus yang juga diketahui sebagai tumor ganas. Jenis kanker ini asalnya adalah dari pertumbuhan tumor ganas yang ada berkembang di bagian lapisan rahim. Berikut adalah beberapa Ciri-Ciri Kanker Rahim, diantaranya :

 

  1. Pendarahan setelah menopause

Salah satu Ciri-Ciri Kanker Rahim yang paling kelihatan mungkin adalah yang dirasakan oleh para wanita proses masa menopause sudah berakhir. Tentu pada waktu tersebut, datang bulan bukan lagi siklus bulanan yang harus dihadapi, tapi ternyata masih tetap bisa mengalami pendarahan. Pendarahan yang terjadi pada wanita setelah menopause ini termasuk pendarahan yang sering dengan kuantitas yang cukup banyak sehingga tak salah bila dianggap tidak normal dan sangat dianjurkan untuk diperiksakan.

Pada wanita yang sedang mengalami masa datang bulan atau haid, keluarnya darah atau pendarahan merupakan hal yang biasa, tapi kalau pendarahan terjadi sesudah menopause terjadi atau mungkin terjadinya saat bukan dalam jadwal menstruasi. Memeriksakan lebih lanjut tak ada salahnya karena dokter lebih tahu dan kita pun memiliki peluang untuk menanganinya dengan benar sebelum menjadi lebih parah. Ciri-Ciri Kanker Rahim

  1. Siklus menstruasi abnormal

Menstruasi yang abnormal bisa terjadi sebagai salah satu Ciri-Ciri Kanker Rahim. Pada kasus ini, wanita dengan siklus menstruasi yang tak normal bisa jadi sedang mengidap kanker rahim sehingga memang sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri secepatnya. Menstruasi yang tak normal ini digambarkan sebagai sebuah keadaan di mana darah yang keluar saat datang bulan bisa sangat banyak jumlahnya setiap bulan. Jika Ciri-Ciri Kanker Rahim ini terjadi, diharapkan waspada dan berkonsultasi dengan dokter.

  1. Nyeri saat buang air kecil

Pernah saat buang air kecil ada rasa nyeri yang dialami? Ini bukan kondisi biasa apabila terlalu sering terjadi dan apalagi kalau dialami secara berkepanjangan. Kemungkinan besar rasa nyeri setiap buang air kecil adalah Ciri-Ciri Kanker Rahim yang bersarang di dalam rahim kita yang kalau tak segera diatasi dapat menjadi kanker ganas. Banyak yang tak begitu memerhatikan apakah saat buang air kecil ada rasa nyeri atau tidak, maka hal yang tampaknya kecil ini perlu diperhatikan mulai dari sekarang.

  1. Sakit di bagian panggul

Selain dari rasa nyeri yang dapat terasa saat buang air kecil, rasa nyeri atau sakit pun akan dirasakan di bagian panggul. Jadi ketika kita merasakan ada yang tak beres di bagian satu ini, sebaiknya segera memeriksakan diri, khususnya kalau rasa sakit itu terus muncul disertai dengan gejala lainnya. Ciri-Ciri Kanker Rahim satu ini cukup tak biasa sehingga tentunya menyadarkan kita bahwa ada yang salah pada kesehatan rahim.

  1. Sakit ketika berhubungan intim

Rasa sakit pun akan muncul ketika sedang melakukan hubungan intim dengan pasangan. Rasa sakit tersebut bisa di bagian panggul seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Ketika Ciri-Ciri Kanker Rahim ini terjadi, jangan takut untuk segera ke dokter memastikan apa yang tengah terjadi dan apakah benar ada kanker rahim yang sedang diderita. Kita patut curiga dan lebih waspada apabila ada Ciri-Ciri Kanker Rahim lainnya yang turut terjadi selain dari rasa sakit saat melakukan hubungan seksual ini.

  1. Benjolan di perut bawah

Untuk secara fisik, ada Ciri-Ciri Kanker Rahim yang dapat coba diperhatikan, yakni benjolan pada bagian perut bawah yang bakal Ciri-Ciri Kanker Rahimdapat dirasakan apabila kita mengeceknya dengan seksama. Tentu adanya benjolan yang mencurigakan harus segera ditanyakan ke dokter karena itu bisa jadi tumor yang tengah berkembang. Sebelum menjadi besar dan menyebar, perlu untuk mendapat penanganan langsung dari dokter.

  1. Berat badan turun drastis

Kita pun patut curiga apabila mendapati Ciri-Ciri Kanker Rahim dengan berat badan kita bisa mengalami penurunan yang amat drastis, padahal kita makan seperti biasa. Namun, terkadang berat badan yang hilang secara terus-menerus dapat dikarenakan rasa sakit yang tak tertahankan sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pada tubuh dan membuat kita kehilangan selera makan. Inilah yang kemudian berimbas pada bobot tubuh yang mengalami penurunan.  Ciri-Ciri Kanker Rahim

  1. Sistem daya tahan tubuh menurun

Kanker rahim pada dasarnya agak susah terdeteksi apalagi sejak awal dikarenakan ketidaksadaran penderitanya bahwa virus telah menginfeksi tubuhnya. Dan ini semua disebabkan oleh proses perjalanan dari infeksi virus HPV yang tergolong sangat lama sampai akhirnya menjadi kanker. Namun, sebenarnya kita masih bisa mendeteksinya dengan merasakan Ciri-Ciri Kanker Rahim yang bisa dikenali dengan sistem kekebalan tubuh yang melemah dimana membuat tubuh kita menjadi cepat lelah dan lemas secara berlebih padahal aktivitas kita tak terlalu banyak, atau tidak ada kegiatan yang sampai harus menguras tenaga.

  1. Bercak vagina berbau

Ciri-Ciri Kanker Rahim yang sudah berada di stadium lanjut, bercak vagina yang berbau dapat terjadi dan dialami oleh penderita kanker rahim. Ketika sudah muncul bau yang tak biasa dan bercak tersebut pun dianggap tak normal, jangan ragu langsung mendeteksinya dengan melakukan serangkaian tes diagnosa supaya penanganan tepat bisa segera diberikan. Dengan begitu proses penyebaran pun bisa lebih diperlambat.

Aroma yang amis akan datang dari bercak tersebut, dan inilah tanda di mana kanker yang diderita sudah mulai mengganas. Ciri-Ciri Kanker Rahim satu ini akan timbul saat terjadi perubahan sel yang abnormal menjadi ganas dan melakukan penyusupan ke jaringan di sekelilingnya.

 

Untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dan melindungi organ-organ sekitarnya, tentu sejumlah metode diagnosa bisa dilakukan dengan langsung menemui dokter. Penanganan akan menjadi lebih sulit ketika sudah berada pada level yang jauh lebih serius.  – Ciri-Ciri Kanker Rahim

 

Ciri-Ciri Kanker Rahim

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*