Cara Mencegah Kanker Serviks

Cara Mencegah Kanker Serviks

Cara Mencegah Kanker Serviks

Cara mencegah kanker serviks yang paling ampuh adalah dengan melakukan test dan screening serviks untuk mengetahui kondisi virus HPV. Virus HPV yang menjadi penyebab kanker serviks ini menyebar akibat infeksi pada kelamin yang menular dengan cara hubungan seksual. Saat ini kanker serviks menjadi penyakit kanker dengan urutan pertama yang berbahaya dan banyak di derita perempuan di dunia. Hal ini dikarenakan kanker serviks sangat sulit dideteksi sejak awal, kebanyakan kanker serviks diketahui setelah tumor tumbuh dalam stadium lanjut. Namun terjadinya kanker serviks sebenarnya dapat dicegah, berikut ini beberapa cara mencegah kanker serviks yang bisa dilakukan :

 

  1. Melakukan Pap Smear

Cara mencegah kanker serviks yang paling umum adalah dengan melakukan tes pap smear. Papsmear adalah alat skrining untuk mendeteksi adanya kanker serviks. wanita seharusnya mulai melakukan tes mencegahan kanker serviks sejak berusia 21 tahun. Wanita yang berusia 21 hingga 29 tahun setidaknya menerima tes pap smear setiap 3 tahun. Tes pap smear merupakan tindakan medis untuk memeriksa leher rahim hingga panggul rahim. Ini dilakukan agar kanker serviks tidak menyebar dan mencegah sebelum kanker menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Pengujian untuk HPV tidak boleh digunakan untuk skrining jika masih dalam usia 21 sampai 29 tahun, kecuali untuk digunakan ke tahap yang lebih lanjut yaitu tes pap smear yang abnormal. Akan tetapi untuk wanita yang berusia 30-65 tahun diharuskan melakukan tes pap smear dan test HPV setiap 5 tahun. Wanita beresiko tinggi untuk terkena kanker serviks.

 

  1. Melakukan Suntik Vaksin HPV

Vaksinasi sebagai cara mencegah kanker serviks sebaiknya dilakukan sejak awal karena 70-80 % kanker serviks disebabkan adanya infeksi virus HPV tipe 16 dan 18. Vaksin HPV adalah vaksin yang tidak hidup akan tetapi tetap Cara Mencegah Kanker Serviksmelindungi. Perlindungan dari vaksin HPV dapat sangat diharapkan bertahan lama akan tetapi tahap vaksinasi masih memerlukan skrining karena vaksin tidak bisa melindungi semua jenis HPV yang menyebabkan kanker serviks.

Memberikan vaksinasi secara rutin sangat dianjurkan bagi anak perempuan yang berusia 11 atau 12 tahun. Jenis yang direkomendasikan untuk pencegahan kutil pada kelamin bagi anak perempuan adalah vaksin HPV4, yang juga dapat diberikan kepada anak laki-laki yang berusia 9 hingga 26 tahun. Vaksin di berikan sejak usia dini dikarenakan anak perempuan mendapatkan vaksin sebelum hubungan seksual pertama dan juga mereka belum mengetahui HPV. Untuk anak perempuan vaksin dapat mencegah hampir 100%.

 

  1. Berhenti Merokok

Merokok juga salah satu penyebab dari kanker serviks, berhenti merokok atau menghindari asap rokok merupakan salah satu cara mencegah kanker serviks. Bahaya rokok yang bisa menyebabkan kanker termasuk kanker serviks adalah karena adanya zat yang terkandung dalam rokok terdapat ribuan zat kimia yang bisa membahayakan kesehatan.   Cara Mencegah Kanker Serviks

Salah satu dari zat tersebut adalah nikotin, tar, dan karbon monoksida. Karbon monoksida yang terdapat pada rokok jika terus menerus dihirup maka akan mengikat hemoglobin darah pada tubuh, kalau hal ini terus berlanjut maka darah akan kehabisan oksigen dan hal ini bisa memicu pertumbuhan sel kanker yang akan menyebar pada penyakit lainnya.

 

  1. Tidak berganti-ganti pasangan dalam hubungan intim

Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa wanita yang memiliki banyak pasangan dalam berhubungan seksual beresiko besar untuk terkena kanker serviks. Dengan berganti pasangan hubungan seksual bisa beresiko besar atas penularan terhadap virus HPV. Penularan virus HPV bisa terjadi jika organ intim bertransmisi satu dengan lainnya jika salah satu diantaranya terinfeksi virus tersebut. Meskipun menggunakan kondom dalam berhubungan, hal tersebut tidak banyak membantu karena dengan sentuhan kulit dengan bakteri yang terkandung seseorang juga dapat terjangkit virus HPV.

Beberapa ilmuan mempelajari efek dari virus HPV yang menular melalui hubungan seksual yang menyebabkan kutil kelamin. Selain itu, beberapa dari virus ini dapat menyebabkan pertumbuhan sel abnormal pada leher rahim dan kemungkinan besar akan berkembang menjadi serviks. Dengan penelitian yang di lakukan, ilmuan menyimpulkan terdapat faktor lain yang mempengaruhi kanker serviks. Pasalnya wanita yang terinfeksi virus HPV tidak selalu menderita kanker serviks, begitu juga dengan wanita yang menderita kanker serviks tidak selalu ditemukan virus HPV.   Cara Mencegah Kanker Serviks

 

  1. Hidup Sehat

Gaya hidup sehat akan jauh lebih baik dari pada hidup yang tidak teratur. Selain menjaga kesehatan, memiliki gaya hidup yang sehat akan terhindar dari beberapa penyakit yang akan menyerang tubuh, baik itu penyakit ringan maupun penyakit terberat sekalipun. Melakukan gaya hidup sehat sehari-hari dengan memakan makanan sehat kaya akan serat dan vitamin serta melakukan olahraga secara teratur akan dapat meningkatkan kekebalan pada tubuh dengan memenuhi nutrisi untuk tubuh dengan baik yang mengurangi resiko terserang dari segala penyakit. Tidak bisa di pungkiri bahwa cara mencegah kanker serviks yang cukup penting adalah menjaga kesehatan agar kondisi fisik tidak lemah.

 

  1. Menggunakan Alat Kontrasepsi

Nah cara mencegah kanker serviks ini wajib di lakukan agar memberikan efek pencegahan yang efektif karena dapat menghindari dari infeksi virus HPV. Kontak langsung saat berhubungan akan menambah risiko terkena infeksi virus HPV yang merupakan penyebab utama kanker serviks yang harus diwaspadai.   Cara Mencegah Kanker Serviks

 

  1. Cara Mencegah Kanker Serviks Dengan Pendekatan Agama

Cara mencegah kanker serviks dengan pendekatan agama sangat penting dilakukan, mengapa ? kita sama-sama mengetahui bahwa gonta ganti pasangan adalah salah satu penyebab yang mematikan kanker serviks. Nah, dengan kesetiaan pada pasangan dan taat agama tidak pindah-pindah pasangan sangat penting untuk menghindari kanker serviks.

Agama harus di jadikan tameng untuk memberantas penularan virus HPV, karena kanker serviks merupakan jenis kanker yang paling banyak membunuh di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Siapa saja dapat terkena jenis kanker ini.

 

Jika Anda ingin terhindar dari risiko kanker serviks yang mematikan ini, maka cara mencegah kanker serviks adalah langkah yang tepat untuk mengurangi risikonya. Semoga bermanfaat…

 

 

 

Cara Mencegah Kanker Serviks

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*