Cara Mencegah Kanker Ovarium

Cara Mencegah Kanker Ovarium

Cara Mencegah Kanker Ovarium

Cara Mencegah Kanker Ovarium – Kanker Ovarium atau kanker indung telur seringkali terlupakan oleh kita. Padahal, kanker ovarium menduduki peringkat ketiga kanker tersering pada wanita setelah kanker payudara dan kanker serviks. Kanker ovarium ini sering terlupakan karena memang seringkali tidak memberikan gejala di awal-awal dan sampai saat ini belum ada metode deteksi dini yang mudah dilakukan misalnya seperti pada pemeriksaan payudara sendiri atau mamografi pada deteksi dini kanker payudara atau papsmear atau tes IVA (Inspeksi Asam Asetat) pada deteksi dini kanker serviks.

Diperkirakan, sekitar 70% kasus kanker ovarium baru terdeteksi pada stadium lanjut (stadium 3 atau 4) karena gejala awalnya tidak khas. Dari data WHO sendiri telah menyebutkan bahwa kanker ovarium telah mengakibatkan angka kematian yang sangat tinggi. Tercatat dari 23.100 kasus kanker ovarium , sekitar 14.000 atau separuh lebih penderitanya meninggal.  – Cara Mencegah Kanker Ovarium

Untuk mendiagnosis kanker ovarium, diperlukan serangkaian pemeriksaan dimulai dari pemeriksaan fisik, pemeriksaan rongga panggul, pemeriksaan penanda kanker CA-125, ultrasonografi (USG) dan biposi jaringan.  – Cara Mencegah Kanker Ovarium

Penyebab kanker ovarium belum diketahui pasti , tetapi diduga berhubungan erat dengan faktor hormonal tubuh. Selain itu ada beberapa faktor yang berisiko meningkatkan kemungkinan terkena kanker ovarium di antaranya penggunaan obat kesuburan ataupun obat anti hamil, memiliki riwayat kanker payudara, serta adanya riwayat keluarga yang pernah menderita kanker.  – Cara Mencegah Kanker Ovarium

 

Berikut ada beberapa Cara Mencegah Kanker Ovarium yang bisa Anda lakukan sendiri, terutama bagi Anda yang mempunyai faktor risiko terkena kanker ovarium, diantaranya :

 

  1. Pola makan seimbang

Cara Mencegah Kanker Ovarium yang pertama yaitu pola makan yang harus seimbang. Batasi makanan yang tinggi lemak hewani, protein tinggi, asupan makanan berkalori tinggi. Secara khusus untuk membatasi asupan lemak. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika wanita pada makanan sehari-hari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, lebih mungkin untuk terkena kanker ovarium.

Makanan yang dapat mengurangi resiko kanker ovarium pada wanita seperti sayuran, wortel, jagung, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, makanan yang kaya akan serat, dll

 

  1. Pemeriksaan rutin

Cara Mencegah Kanker Ovarium yang kedua yaitu Cara Mencegah Kanker Ovariumdengan pemeriksaan secara rutin. Wanita bisa melakukan pemeriksaan ginekologi secara teratur atau USG dapat mendeteksi berbagai penyakit ovarium, pengobatan dini dapat mencegah kista ovarium dan lesi lainnya terjadi,yang dapat menyebabkan kanker ovarium. Terutama pada wanita di atas 45 tahun, dianjurkan untuk 3 sampai 6 bulan sekali melakukan pemeriksaan ginekologi atau USG untuk deteksi dini kanker ovarium.

Selain itu bisa juga lakukan pemeriksaan terhadap kondisi diri sendiri yang juga membantu mencegah kanker ovarium. Jika ada kembung, nyeri perut, perdarahan vagina dan gejala lain, segera lakukan pengobatan tepat waktu dan harus perhatikan perbedaan dengan penyakit lain untuk menghindari misdiagnosis.

Dalam pemeriksaan ginekologi, ditemukan pembesaran ovarium dan tidak dapat didiagnosis dengan hanya 1 pemeriksaan. Anda harus menjadwalkan tindak lanjut yang sangat penting untuk pencegahan kanker ovarium.

 

  1. Laktasi berkepanjangan

Cara Mencegah Kanker Ovarium yang berikutnya yaitu laktasi berkepanjangan atau ASI yang diberikan kepada anak waktunya diperpanjang untuk mencegah peran kanker ovarium hanya dalam jangka pendek (4-6 bulan) yang valid. Lebih dari enam bulan menyusui akan merangsang sekresi hipofisis oksitosin pada saat yang sama, juga akan meningkatkan produksi gonadotropin untuk hal ini perlu diperhatikan.

 

  1. Penggunaan hormon

Para ahli Modern Cancer Hospital Guanzhou mengatakan Cara Mencegah Kanker Ovarium wanita harus berhati-hati untuk menggunakan hormon. Banyak wanita memiliki gejala gangguan menstruasi, hormon yang biasa digunakan untuk mengatur menstruasi.

Sebuah survei menemukan bahwa jika penggunaan jangka panjang hormon untuk mengatur haid, haid tidak teratur atau jangka panjang, cenderung menyebabkan peningkatan risiko kanker ovarium.

 

  1. Meningkatkan aktivitas fisik

Cara Mencegah Kanker Ovarium yang terakhir yaitu dengan meningkatkan aktivitas fisik. Jumlah yang tepat untuk latihan fisik tidak hanya bersantai dan suasana hati yang menyenangkan, tetapi juga membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak rentan terhadap penyakit.

 

Itulah beberapa Cara Mencegah Kanker Ovarium yang sebagian besar bisa Anda lakukan sendiri, semoga ulasan Cara Mencegah Kanker Ovarium diatas bermanfaat untuk Anda..

 

Cara Mencegah Kanker Ovarium

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*