Apakah Kanker Rahim Bisa Menular ?

Apakah Kanker Rahim Bisa Menular ?

Apakah Kanker Rahim Bisa Menular ?Kanker serviks atau kanker leher rahim pada umumnya disebabkan oleh human paillomavirus atau HPV. Virus ini dapat tertular lewat hubungan seksual, tetapi pengetahuan tepat mengenai virus ini masih simpang siur. Faktanya, dalam sebuah survei yang digelar Jo’S Cervical Cancer Trust, seperti dilansir dari Cosmopolitan, 51 persen partisipan perempuan tidak tahu pasti mengenai infeksi HPV yang berisiko kanker serviks.

Pada saat ini banyak sekali orang diluaran sana yang bertanya “apakah kanker rahim bisa menular ?” atau tidak ? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini mereka lontarkan karena mungkin mereka takut akan terular kanker pada saat mengunjungi atau menjenguk teman, kerabat mereka yang terkena kanker rahim.

Selain mendapatkan jawaban dari pertanyaan “apakah kanker rahim bisa menular” atau tidak disini Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya seputar kanker rahim itu sendiri.

 

Lantas apakah kanker rahim bisa menular atau tidak ? Ini dia Jawabannya

Penyakit kanker rahim TIDAK MENULAR, akan tetapi virus HPV penyebab utama dari kanker rahim ini sangat menular. Perlu Anda ketahui virus HPV yang merupakan penyebab utama seseorang terkena kanker rahim ini bisa ditularkan melalui kontak seksual.

 

Akan tetapi menurut Dr. Andi Darma Putra, Sp. OG. (K) Onk, Staff Pengajar obstetri dan ginekologi di FKUI – Jakarta yang menyatakan bahwa :

Menularnya virus HPV bukan saja terjadi melalui kontak / hubungan seksual saja, melainkan dapat menular melalui hal apa saja yang memungkinkan adanya kontak langsung dengan kelamin yang terinfeksi. Pada saat virus menginfeksi, awalnya kondisi ini tidak memicu munculnya gejala, akan tetapi infeksi ini dapat berkembang menjadi kanker setelah 10-15 tahun kemudian (tanpa Anda sadari). Gejala yang muncul pada saat terjadi kanker pun diantaranya akan mengalami gejala seperti panggul terasa nyeri, kandung kemih mengalami masalah, kebocoran vagina, perdarahan pada saat melakukan aktifitas seksual hingga keputihan abnormal.

 

Pernyataan di atas berhubungan dengan yang di katakan oleh Stacy Wiegman, PharmD yaitu kanker serviks tidak menular, namun virus HPV (penyebab utama) dapat menular.

Stacy Wiegman sebagai penderita kanker serviks, mengatakan bahwa kanker serviks tidak menular. Tapi HPV, yang dianggap sebagai penyebab kebanyakan kasus kanker serviks dapat menular. Ada banyak jenis HPV, dan tidak semua dari mereka dapat menyebabkan kanker, kita tidak akan mengetahui HPV mana yang dapat menyebabkan kanker. Untuk mencegah HPV, selalu menggunakan kondom, namun hal tersebut tidak akan melindungi 100% karena kontak kulit-ke-kulit juga dapat menjadi media penyebarannya.

 

Penyampaian yang dikatakan oleh Honor Society of Nursing (STTI) dan Larry E. Puls, MD juga sama dengan Stacy Wiegman yaitu kanker serviks tidak menular, tapi virus HPV bisa menular ungkapnya.

Apakah kanker rahim bisa menular ? Kanker serviks tidak lah menular, tapi tubuh kita dapat tertular virus human papillomavirus (HPV), yang menjadi salah satu penyebab utama kanker serviks. Ada vaksin HPV, yang dapat membantu mencegah tertularnya HPV dan kanker serviks, meskipun vaksin tidak menyembuhkan kanker serviks. Menghindari kontak kulit dengan seseorang dengan infeksi HPV dan menjaga pasangan dapat menurunkan risiko terkena HPV.

 

 

KESIMPULAN :

Apakah kanker rahim bisa menular ? Kanker serviks tidak serta merta dapat menular secara langsung kepada orang lain. Akan tetapi virus HPV yang menjadi pemicu kanker tersebut dapat menular kepada orang lain. Penyebab kanker adalah HPV, baik pria maupun wanita dapat memiliki virus ini. Kanker serviks tidak menular tapi penyebabnya sangat berbahaya seperti HPV ini. Terjadi penularan HPV biasanya infeksi virus tersebut baru berkembang menjadi kanker setelah 10 sampai 15 tahun kemudian. Meskipun penularan kanker rahim ini tidak terjadi secara langsung melainkan butuh waktu hingga puluhan tahun untuk menjadi kanker.

Hal ini patut Anda perhatikan, karena bisa saja disaat kanker tumbuh dari virus HPV tersebut, kanker sudah mulai masuk ke stadium lanjut seperti stadium 3 dan stadium 4. Maka dari itu diharuskan bagi Anda untuk selalu rutin melakukan pengecekan dengan memeriksakan diri Anda ke dokter. Karena dengan cara itu, jika sudah mulai terlihat tanda-tanda kanker bisa langsung segera diatasi dengan melakukan pengobatan.

 

Apakah Kanker Rahim Bisa Menular ?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*